Angkasa Pura II Pastikan 20 Bandara Siap Layani Ratusan Ribu Penumpang di Long Weekend

  • Oleh : Naomy

Kamis, 08/Feb/2024 19:04 WIB
Suasana di Bandara Angkasa Pura II Suasana di Bandara Angkasa Pura II

JAKARTA (BeritaTrans.com) - PT Angkasa Pura II memastikan kesiapan fasilitas dan layanan bagi penumpang pesawat di 20 bandara pada libur panjang akhir pekan 8 - 11 Februari 2024. 

AP II bersama stakeholder antara lain maskapai, AirNav Indonesia dan ground handling juga berkoordinasi erat guna memastikan kelancaran perjalanan udara masyarakat di tengah kenaikan lalu lintas penerbangan. 

Baca Juga:
Ramp Safety Campaign dan Terminal Safety Campaign di Bandara Soekarno-Hatta

SVP of Corporate Secretary AP II Deni Krisnowibowo mengatakan, slot time penerbangan di seluruh bandara AP II juga dipastikan tersedia untuk mengakomodir peningkatan permintaan pada long weekend ini. 

“Tren pertumbuhan penerbangan terus meningkat pada tahun ini. AP II memastikan ketersediaan slot time penerbangan di 20 bandara untuk mengakomodir permintaan yang ada, termasuk pada long weekend 8 - 11 Februari 2024,” ungkap Deni, Kamis (8/2/2024). 

Baca Juga:
Bersama Stakeholder Terkait, Angkasa Pura II Perkuat Aspek Keselamatan di Bandara

Pada long weekend 8 - 11 Februari 2024, pihaknya memperkirakan pergerakan penumpang rute domestik dan internasional di 20 bandara yang dikelola AP II secara kumulatif mencapai 943.747 penumpang atau rata-rata sekitar 236.000 penumpang/hari. 

Jumlah pergerakan ini mengalami peningkatan sekitar 7-10% dibandingkan dengan hari biasa. 

Baca Juga:
Bandara Kertajati Targetkan Tahun Ini Layani 1,2 Juta Penumpang

Seluruh personel, fasilitas dan infrastruktur dipastikan siap untuk melayani perjalanan udara masyarakat. 

Adapun pergerakan pesawat pada long weekend ini diproyeksikan sebanyak 7.071 penerbangan atau rata-rata 1.768 penerbangan per hari.

"Seluruh Executive General Manager di 20 bandara AP II telah diinstruksikan untuk meningkatkan kesiagaan guna memastikan kelancaran penerbangan pada long weekend," tegasnya. 

Bandara yang dikelola AP II memastikan kesiapan operasi, pelayanan serta keselamatan dan keamanan bandara. Termasuk juga memastikan keandalan infrastruktur seperti runway, lalu sistem kelistrikan bandara, dan infrastruktur lainnya. 

AP II bersama stakeholder juga memastikan ketersediaan moda transportasi publik di seluruh bandara untuk akses bagi masyarakat. 

Bandara Soekarno-Hatta

Khusus di Bandara Soekarno-Hatta, yang merupakan bandara tersibuk di Indonesia, pergerakan penumpang pada long weekend ini diperkirakan sebanyak 605.899 penumpang dengan pergerakan pesawat sebanyak 4.191 penerbangan. 

Beberapa waktu lalu, Dirjen Perhubungan Udara Kementerian Perhubungan Maria Kristi Endah Murni melakukan kunjungan kerja di Bandara Soekarno-Hatta untuk melihat kesiapan bandara dalam menyambut long weekend 8 - 11 Februari 2024. 

Dirjen Kristi memastikan konektivitas dan kapasitas kursi penerbangan di Bandara Soekarno-Hatta, termasuk melalui adanya penerbangan tambahan (extra flight) di rute-rute favorit. 

Beberapa extra flight di Bandara Soekarno-Hatta pada long weekend ini antara lain ada di rute Jakarta - Bali, Jakarta - Kualanamu, Jakarta - Pontianak, Jakarta - Pangkalpinang dan Jakarta - Semarang. (omy)