BPTJ Cek Kesiapan Jelang Operasional Layanan BTS Biskita di Kota Bekasi

  • Oleh : Naomy

Kamis, 15/Feb/2024 17:43 WIB
Tinjauan BPTJ ke Sinarjaya jelang operasional Biskita Patroit Tinjauan BPTJ ke Sinarjaya jelang operasional Biskita Patroit

BEKASI (BeritaTrans.com) -  Persiapan pengoperasian Layanan Buy The Service (BTS) atau Biskita di Kota Bekasi, Badan Pengelola Transportasi Jabodetabek (BPTJ) bersama Dinas Perhubungan Kota Bekasi mengecek kesiapan armada BTS di Pool Sinar Jaya Cibitung yang saat ini sudah memasuki proses akhir penyelesaian (finishing).

Direktur Angkutan BPTJ Tatan Rustandi menyampaikan, pengecekan dilakukan untuk melihat kesiapan armada yang akan dioperasikan awal Maret 2024. 

Baca Juga:
BPTJ Gelar Rapat Persiapan Operasi Angleb 2024 di Wilayah Jabodetabek

"Saat ini armada sedang dirapikan, akan dipasangi stiker dan melakukan penyesuaian-penyesuaian. Sinar Jaya sebagai operator akan menyiapkan komponen-komponen yang diperlukan sesuai ketentuan dan SPM," jelas Tatan, Kamis (15/2/2024). 

Nama dan ikon yang akan disematkan pada BTS Bekasi  juga akan menunggu persetujuan Pemkot Bekasi. 

Baca Juga:
Bersama BPTJ, Komisi V DPR Tinjau Kesiapan Angleb di Terminal Baranangsiang & Poris Plawad

Pastinya nama Biskita yang akan tetap digunakan, namun apakah Biskita Trans Bekasi atau Biskita Trans Patriot menunggu keputusan Pemerintah Kota Bekasi," ungkapnya. 

Pengoperasian BTS di Kota Bekasi akan diserahkan kepada PT Sinarjaya Megah Langgeng. 

Baca Juga:
Hari Kedua Ramp Check Jelang Angleb, Dishub Kota Bekasi Temukan 4 Bus Tak Laik Jalan di Terminal

Nantinya Bus yang akan disediakan sebanyak 15 armada dengan 14 unit yang akan dioperasionalkan salah satunya ramah difable dan satu unit cadangan. 

Sementara itu Direktur Utama Sinarjaya Megah Langgeng Teddy Kurniawan Rusly menyampaikan, kehadiran Sinar Jaya sebagai operator layanan BTS Kota Bekasi merupakan sebuah penghargaan. 

"Kami mengucapkan terima kasih atas kepercayaan yang diberikan kepada Sinarjaya Megah Langgeng.  Dengan pengalaman yang dimiliki selama kurang lebih 41 tahun, Kami berharap layanan BTS nantinya dapat berjalan dengan lancar tentunya dengan dukungan dari Organda," ujar Teddy. 

Senada dengan Sinar Jaya, Ketua Organda Kota Bekasi Indra Hermawan menyatakan, Organda menyambut baik dengan adanya BTS yang sudah lama dinantikan. 

"Kami berharap Organda bersama-sama dengan operator dapat berkoordinasi untuk mewujudkan layanan angkutan umum yang lebih baik di Kota Bekasi," kata Indra. 

Sama halnya seperti di Kota Bogor, layanan BTS di Kota Bekasi akan memenuhi standar yang telah ditentukan dan memiliki perangkat IT yang setara. 

Perangkat yang akan disiapkan adalah passenger counting, GPS tracking, mobile DVR (perangkat untuk memonitoring dengan kecepatan 2G-4G), camera surveillance (perangkat untuk merekam), CP4 (perangkat untuk memonitoring kendaraan pada dashboard driver dengan menggunakan RFID), dan TOB (perangkat untuk transaksi pembayaran penumpang). 

Direncanakan BTS di Kota Bekasi akan melayani dari pukul 05.00 - 21.00 dengan kecepatan rata-rata 22-25 km/jam dan waktu tunggu 10 menit serta ritase sebanyak tujuh unit. 

Program BTS di Kota Bekasi merupakan program skema membeli layanan dari pemerintah pusat untuk menyediakan angkutan umum massal. 

Kota Bekasi merupakan kota kedua setelah Kota Bogor yang akan menyediakan layanan BTS di Bodetabek. 

Biskita merupakan singkatan dari Bus Inovatif, Solusi Transportasi Perkotaan Terintegrasi dan Andal. 

Diharapkan dengan penyediaan layanan Biskita di Bodetabek dapat memodernisasi dan menyamaratakan angkutan umum massal seperti layaknya di Kota Jakarta. (omy)