Penerbangan Perintis Korwil Gorontalo Resmi Beroperasi Mulai Hari Ini

  • Oleh : Naomy

Minggu, 18/Feb/2024 19:49 WIB
Peresmian penerbangan perintis Korwil Gorontalo Peresmian penerbangan perintis Korwil Gorontalo

 

GORONTALO (BeritaTrans.com) - Kementerian Perhubungan melalui Badan Layanan Umum (BLU) Kantor Unit Penyelenggara Bandar Udara (UPBU) Kelas I  Djalaludin Gorontalo telah memulai Program Angkutan Udara Perintis Tahun Anggaran 2024 yang beroperasi di  sembilan rute mulai hari ini (18/2/2024). 

Baca Juga:
Hore, Angkutan Udara Perintis Telah Beroperasi di Semua Korwil

Kepala UPBU Gorontalo Joko Harjani menjelaskan, angkutan udara perintis di Koordinator Wilayah (Korwil) Gorontalo sembilan rute itu antara lain sebagai berikut:
• Gorontalo - Pahuwato - Palu (PP);
• ⁠Gorontalo - Buol (PP);
• ⁠Gorontalo - Bolmong - Manado (PP) dan;
• ⁠Manado - Siau - Naha - Miangas - Melonguane (PP).

"Alhamdullilah, program angkutan udara perintis Korwil Gorontalo tahun 2024 dapat terlaksana pada hari ini,” ujar Joko di sela seremonial penerbangan perdana rute Gorontalo - Pohuwato.  

Hadir pada pelepasan penerbangan perdana perintis yaitu Pj. Gubernur Gorontalo, Forkopimda Provinsi Gorontalo, Walikota dan Bupati Gorontalo beserta jajaran pemerintah daerah. 

Adapun Badan Usaha Angkutan Udara (BUAU) yang beroperasi melayani sembilan rute penerbangan perintis tersebut adalah Maskapai SAMS Air menggunakan type pesawat DHC - 6 Twin Otter dengan kapasitas maksimal 17 penumpang. 

Menurutnya, masyarakat Gorontalo, Palu dan Sulawesi Utara terutama yang berada di daerah Terdepan, Terluar, Tertinggal, dan Perbatasan (3TP) sangat bersyukur dengan adanya penerbangan perintis tersebut, karena biasanya ke Manado hanya melalui kapal laut. 

Terpisah, Kepala Otoritas Bandar Udara Wilayah VIII Manado Ambar Suyoko berharap angkutan udara perintis ini dapat meningkatkan konektivitas antara Gorontalo dengan Sulawesi Tengah dan Sulawesi Utara. 

Dengan demikian akan mempermudah aktivitas masyarakat dan menunjang pendidikan, perekonomian, kesehatan, dan juga bantuan kemanusiaan. 

“Perintis ini sangat ditunggu-tunggu masyarakat. Kita harus bersyukur Pemerintah telah mengalokasikan anggaran untuk perintis di Korwil Gorontalo,” ungkap Ambar. 

Manfaat yang tidak kalah penting terhadap program perintis ini yaitu berperan untuk menurunkan disparitas harga kebutuhan pokok di wilayah 3TP yang dilalui. 

Dia menuturkan, agar para Kepala UPBU yang melayani rute perintis tersebut agar melakukan pengawasan untuk  memastikan aspek keselamatan, keamanan, dan kenyamanan penerbangan terpenuhi. (omy)