Bhabinkamtibmas Pulau Kelapa Berhasil Mediasi Perkelahian Remaja di SMAN 69 Jakarta Pulau Pramuka

  • Oleh : Ahmad

Senin, 19/Feb/2024 17:02 WIB
Foto:istimewa/polreskepulauanseribu Foto:istimewa/polreskepulauanseribu

Jakarta (BeritaTrans.com) - Sebuah inisiatif yang berhasil dilakukan oleh Bhabinkamtibmas Pulau Kelapa dari Polres Kepulauan Seribu saat berhasil menyelesaikan perkelahian antara dua remaja di SMAN 69 Jakarta Pulau Pramuka, Kepulauan Seribu Utara.

Peristiwa tersebut mengharuskan intervensi langsung di Mako Polsek Kepulauan Seribu Utara, Pulau Kelapa, Kepulauan Seribu Utara pada hari Senin (19/02/2024).

Baca Juga:
Kapolres Kepulauan Seribu Ingatkan Wisatawan Pentingnya Keselamatan Berwisata Di Laut

Dengan langkah-langkah penuh kehati-hatian, petugas berhasil mengumpulkan kedua belah pihak beserta orang tua mereka di Mako Polsek KSU. Mereka kemudian diberikan kesempatan untuk menjelaskan perspektif dan alasan dari konflik yang terjadi. Setelah mendengarkan penjelasan kedua belah pihak, bhabinkamtibmas melakukan mediasi untuk mencapai kesepakatan.

Hasil mediasi tersebut menghasilkan kesepakatan bahwa kedua belah pihak setuju untuk menyelesaikan permasalahan dengan jalan musyawarah. Keduanya juga saling memaafkan satu sama lain. Namun, disepakati juga bahwa apabila salah satu pihak memulai pertikaian kembali, proses hukum akan ditangani oleh pihak berwajib, yaitu kepolisian.

Baca Juga:
Polres Kepulauan Seribu Mengawal Kedatangan Wisatawan dengan Humanis

Tindakan ini tidak hanya menyelesaikan konflik secara damai, tetapi juga mengajarkan nilai-nilai perdamaian dan resolusi konflik yang harmonis di antara warga masyarakat, terutama di kalangan remaja. Hal ini juga menegaskan peran yang penting dari bhabinkamtibmas dalam menjaga ketertiban dan kedamaian di lingkungan sekolah serta masyarakat.(ahmad) 

Baca Juga:
Kepolisian Gelar Patroli Malam Perintis Presisi di Pulau Untung Jawa untuk Antisipasi Gangguan Kamtibmas