Bandara Kertajati Targetkan Tahun Ini Layani 1,2 Juta Penumpang

  • Oleh : Redaksi

Selasa, 20/Feb/2024 16:33 WIB
Bandara Kertajati Bandara Kertajati

 

KERTAJATI (BeritaTrans.com) - Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) Kertajati menargetkan melayani lebih dari satu juta penumpang pada tahun ini.

Baca Juga:
Cuma 12 Hari Libur Lebaran, Penumpang di Bandara Soekarno-Hatta Tembus 2,02 Juta, jadi Tersibuk di Asia Tenggara

Direktur Utama PT BIJB Muhamad Singgih mengatakan, target yang ditetapkan pada tahun ini ialah 1,2 juta penumpang terbang dari dan ke BIJB Kertajati.

Pihaknya optimistis target tersebut bakal tercapai karena jika dirata-ratakan maka setiap bulannya BIJB Kertajati hanya perlu melayani 100 ribuan penumpang.

Baca Juga:
Penumpang di Puncak Arus Balik di 20 Bandara Angkasa Pura II Tembus 309.477, Operasional dan Layanan Lancar

"Kami yakin target ini akan tercapai karena pada Oktober-November 2023 jumlah penumpangnya mencapai 130 ribuan," ujar Muhamad Singgih, Selasa (20/2/2024).

Menurutnya, rencana penambahan rute penerbangan di BIJB Kertajati pada tahun ini juga bakal berdampak pada meningkatnya volume penumpang.

Baca Juga:
Bandara Angkasa Pura II Fokus Pada 7 Titik Penting ini di Puncak Arus Balik

Dia mengatakan, semakin ramainya aktivitas penerbangan berkat penambahan rute pun diyakini akan menambah jumlah penumpang yang terbang dari dan ke BIJB Kertajati.

Terlebih, tingkat keterisian atau load factor setiap penerbangan di bandara yang beroperasi penuh sejak 29 Oktober 2023 itu rata-rata mencapai lebih dari 70-an persen, dilansir dari laman tribunjabar.

Bahkan, termasuk penerbangan haji dan umrah yang secara resmi mulai dilayani BIJB Kertajati sejak tahun lalu, sehingga akan meningkatkan jumlah penumpang untuk mencapai yang ditargetkan.

"Tren positifnya juga terlihat dari trafik udara rata-rata harian di BIJB Kertajati yang saat ini mencapai 12-15 kali penerbangan setiap harinya," kata Singgih.

Dia menyampaikan, dari sisi aksesibilitas BIJB Kertajati pun cukup memadai, termasuk fasilitas angkutan antarmoda dari dan ke sejumlah daerah di Jawa Barat yang dilayani Damri serta lainnya.

Pihaknya juga berkomitmen semakin melengkapi berbagai fasilitas untuk menambah kenyamanan para penumpang yang terbang di BIJB Kertajati.

"Akses menuju BIJB Kertajati sudah terhubung langsung jalur tol, sehingga masyarakat Jawa Barat harus merasakan sendiri terbang dari bandara ini," imbuhnya. (soleh)