Mulai Berbayar, Cek Tarif Tol Indralaya-Prabumulih di Sini!

  • Oleh : Fahmi

Kamis, 22/Feb/2024 09:38 WIB
Gerbang Gerbang

JAKARTA (BeritaTrans.com) - PT Hutama Karya (Persero) selaku pengelola menyebutkan Jalan Tol simpang Indralaya-Prabumulih diberlakukan tarif ruas tol tersebut senilai Rp 85.000 mulai tanggal 20 Februari pada pukul 12.00 WIB.

EVP Hutama Karya Tjahjo Purnomo mengatakan, jalan tol tersebut dioperasikan tanpa tarif sejak 30 Agustus 2023. Kemudian menyusul diterbitkannya Surat Keputusan (SK) Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Nomor 194/KPTS/M/2024 tentang Penetapan Tarif Jalan Tol Simpang Indralaya –Muara Enim Seksi Indralaya-Prabumulih, diumumkan pemberlakuan tarif mulai 20 Februari 2024 Pukul 12.00 WIB.

Baca Juga:
Tarif Tol Bali Mandara Naik Hari Ini

Ia menjelaskan, sejumlah sosialisasi kepada pengguna jalan telah dilakukan selama masa beroperasi tanpa tarif lebih dari lima bulan mulai dari penggunaan Kartu Uang Elektronik, tata cara berkendara di jalan tol yang baik dan benar, serta manfaat dan peran strategi dari jalan tol.

Sosialisasi tersebut dilakukan secara masif melalui berbagai saluran komunikasi, seperti media sosial, media luar ruang (spanduk, baliho, VMS), siaran pers perusahaan, hingga iklan radio dengan mendapatkan respon positif dari masyarakat.

Baca Juga:
Tarif Tol Gempol-Pandaan Naik Mulai 27 April, Nanti Jadi Segini Bayarnya!

“Dikarenakan jalan tol ini merupakan sambungan dari Tol Palembang-Indralaya, pengguna jalan diimbau untuk memastikan terlebih dahulu kecukupan saldo uang elektronik sebelum melintasi jalan tol untuk menghindari antrian di gerbang tol,” jelasnya, dalam keterangan tertulis, Selasa (20/2).

Berdasarkan SK Menteri PUPR terkait penetapan tarif tol tersebut, berikut besaran tarif pada Tol Simpang Indralaya-Prabumulih untuk golongan I senilai Rp 85.000, golongan II dan III Rp 127.500, dan golongan IV dan V Rp 170.000.

Baca Juga:
Tarif Tol Gempol-Pandaan Bakal Naik Mulai Beberapa Hari Lagi!

Namun akumulasi tarif Golongan I dari Palembang menuju Prabumulih dan sebaliknya yaitu senilai Rp 105.500 yang akan dilakukan transaksi di Gerbang Tol (GT) yang ada di Tol Palembang-Indralaya dan Tol Indralaya-Prabumulih, kata Purnomo.(fhm)