Aceh-Lampung Tersambung Tol Trans Sumatra Sepanjang 884,Km, Ini Daftar Jalan yang Beroperasi

  • Oleh : Redaksi

Jum'at, 23/Feb/2024 20:01 WIB
Foto:Ilustrasi Foto:Ilustrasi

JAKARTA (BeritaTrans.com) - Pada awal Februari 2024, Presiden Jokowi meresmikan dua ruas baru Jalan Tol Trans Sumatra (JTTS), yaitu Jalan Tol Kuala Tanjung - Tebing Tinggi - Parapat Seksi Tebing Tinggi - Indrapura sepanjang 20,4 Km dan Jalan Tol Indrapura - Kisaran Seksi Indrapura - Lima Puluh sepanjang 15,6 Km.

Menurut data yang dirilis oleh Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) pada bulan Februari 2024, hingga saat ini telah ada Jalan Tol Trans Sumatera sepanjang 884,5 Km.

Baca Juga:
Sebanyak 16 Ruas Tol Trans Sumatera Ditargetkan Rampung Akhir 2024

Tol Bakauheni - Terbanggi Besar dengan ruas panjang 141 Km, Terbanggi Besar - Kayu Agung sepanjang 189 Km, Kayu Agung - Palembang - Betung sepanjang 42,5 Km, Belawan - Medan - Tanjung Morawa sepanjang 43 Km, dan Medan - Binjai sepanjang 17 Km.

Selain itu, ada ruas tol Medan - Kualanamu - Tebing Tinggi sepanjang 62 Km, Palembang - Indralaya 22 Km, Sigli - Banda Aceh Seksi 2 - 6 (Seulimeum - Baitussalam) 49 Km, Pekanbaru - Dumai 131 Km, Pekanbaru - Bangkinang 31 Km, Binjai - Tj. Pura 39 Km, Bengkulu - Taba Penanjung 17 Km, Indralaya - Prabumulih 65 Km, Tebing Tinggi - Indrapura 20,4 Km, dan Indrapura - Lima Puluh dengan ruas sepanjang 15,60 Km.

Baca Juga:
Tarif dan Rute Tol Trans Sumatra dari Lampung hingga Aceh

Beroperasinya JTTS yang nantinya akan membentang dari Lampung hingga Banda Aceh sangatlah penting dalam mendukung aksesibilitas masyarakat di Pulau Sumatera. 

Yang pertama, JTTS akan memangkas waktu tempuh antar wilayah dan memperbaiki kelancaran lalu lintas kendaraan sehingga memudahkan mobilitas masyarakat. 

Baca Juga:
Tarif Tol Trans Sumatra Lampung-Aceh saat Mudik Lebaran 2024

Yang kedua, JTTS akan mendukung pendistribusian logistik yang lancar dan efisien ke berbagai daerah di Pulau Sumatera. 

Yang ketiga, JTTS akan mendorong terciptanya banyak lapangan pekerjaan baru bagi masyarakat di sepanjang jalur JTTS. Hal ini akan memberikan manfaat positif bagi perekonomian dan kesejahteraan masyarakat di Pulau Sumatera.

Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengatakan tersambungnya jalan Jalan Tol Trans Sumatera Ini diharapkan mampu meningkatkan konektivitas potensi Pariwisata di Sumatera, serta meningkatkan kelancaran logistik. (fhm/sumber:Okezone)