Mahasiswa Universiti Teknologi MARA Malaysia Kunjungi Program CSR Pertamina Patra Niaga Regional JBB di Karawang

  • Oleh : Ahmad

Senin, 26/Feb/2024 22:22 WIB
Foto:istimewa/pertaminajbb Foto:istimewa/pertaminajbb

KARAWANG (BeritaTrans.com) – Dalam agenda pengabdian masyarakat dan kunjungan UMKM di Kabupaten Karawang, mahasiswa Universiti Teknologi MARA Malaysia dan Universitas Buana Perjuangan Pesona mengunjungi Walahar Creative Destination (NAWACITA) yang merupakan salah satu Program CSR Pertamina Patra Niaga Regional Jawa Bagian Barat (JBB) pada Sabtu 24 Februari 2024.

Baca Juga:
Pertamina Patra Niaga Apresiasi Polres Karawang Ungkap Praktik Pengoplosan Tabung Elpiji

Nawacita merupakan program pemberdayaan masyarakat berbasis edu-ekowisata dan energi terbarukan dengan pemberdayaan ekonomi pemuda dan masyarakat rentan yang berfokus pada pengembangan ekonomi kreatif dan potensi desa wisata yang memperhatikan aspek kelestarian lingkungan.

Pada acara tersebut, 30 orang mahasiswa dan dosen pendamping mendapatkan penjelasan terkait penggunaan energi bersih melalui solar panel dan biogas sebagai energi alternatif untuk mendukung keberlangsungan kegiatan UMKM yang berada di Danau Cinta dan diajak berkeliling mengunjungi UMKM yang ada di Program NAWACITA serta membuat kerajinan enceng gondok.

Baca Juga:
Pemberangkatan Jemaah Haji 2024 Dimulai, Pertamina Patra Niaga Regional Jawa Bagian Barat Pastikan Stok Avtur Aman

“Kunjungan ke NAWACITA ini sangat menarik dan menyenangkan karena bisa melihat langsung kegiatan UMKM yang dapat menggerakan ekonomi masyarakat walaupun cuacanya cukup panas namun kawasan Danau Cinta sangat cantik,” ungkap Nurul Syazwani mahasiswa Universiti Teknologi MARA Malaysia.

Baca Juga:
Jalankan Kebijakan Pemerintah, Pertamina Patra Niaga Tegaskan Komitmen Tetap Salurkan Pertalite

Wakil Rektor IV Universitas Buana Perjuangan, Dr. H. Puji Isyanto, SE., MM mengatakan kunjungan ini merupakan salah satu rangkaian kegiatan student exchange Universiti Teknologi MARA Malaysia bekerjasama dengan Universitas Buana Perjuangan.

"Para mahasiswa dapat melihat langsung kegiatan UMKM yang ada di Kabupaten Karawang, khususnya yang ada di Danau Cinta dimana kita dapat melihat bagaimana UMKM dapat berkembang dengan memanfaatkan potensi yang ada dan dukungan berbagai pihak termasuk Pertamina dan diharapkan dapat memperoleh masukan positif untuk menambah pengetahuan,” ujar Puji.

Aisyah salah satu dosen pendamping dari Universitas Teknologi MARA Malaysia yang juga ikut hadir dalam acara tersebut menyampaikan bahwa acara ini merupakan bentuk kerjasama dengan Universitas Buana Perjuangan dengan tujuan melihat praktik kewirausahaan di Indonesia.

“Saya berharap dapat berkunjung lagi ke Danau Cinta yang tempatnya sangat cantik, nyaman dan menarik dengan dikelilingi pemandangan area persawahan serta tersedia berbagai variasi makanan yang menjadi pusat kegiatan UMKM yang ada disini dan juga terdapat hasil kerajinan yang dibuat oleh masyarakat sekitar Danau Cinta sebagai daya tarik utama,” ucap Aisyah.

Dalam kesempatan yang terpisah, Area Manager Communication, Relation & CSR Pertamina Patra Niaga Regional Jawa Bagian Barat Eko Kristiawan mengungkapkan bahwa sejalan dengan visi Pertamina Patra Niaga untuk menjadi perusahaan berkelanjutan, kegiatan yang ada dalam Program NAWACITA ini turut berkontribusi pada Sustainable Development Goals (SDGs) poin 1 - Tanpa Kemiskinan dan poin 13 - Penanganan Perubahan Iklim dengan produk-produknya yang berbasis alam dan ramah lingkungan.

“Pertamina sebagai perusahaan terdepan di bidang transisi energi, berkomitmen dalam mendukung target Net Zero Emission 2060 dengan terus mendorong program-program yang berdampak langsung pada capaian Sustainable Development Goals (SDG’s) dimana seluruh upaya tersebut sejalan dengan penerapan Environmental, Social & Governance (ESG) di semua lini bisnis dan operasi Pertamina.(ahmad)