Plt. Kepala BPSDMP Imbau Lulusan PIP Makassar Jadi Agen Perubahan Keselamatan Pelayaran

  • Oleh : Naomy

Senin, 04/Mar/2024 16:45 WIB
Wisuda PIP Makassar Wisuda PIP Makassar

MAKASSAR (BeritaTrans.com) - International Maritime Organization (IMO) menargetkan peningkatan dalam hal standar keselamatan dan keamanan bagi para pelaut dunia. 

Hal ini diungkapkan Pelaksana tugas Kepala Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Perhubungan (BPSDMP) Capt. Wisnu Handoko pada Upacara Wisuda Program DIV Pelayaran dan Pelepasan Diklat Pelaut Ahli Nautika/Teknika Tingkat I, II, III, IV di Politeknik Ilmu Pelayaran (PIP) Makassar Senin (4/3/2024). 

Baca Juga:
Plt Kepala BPSDMP Tekankan Pentingnya Kompetensi SDM Transportasi Darat dan Perkeretaapian

Dia mengimbau agar para lulusan dapat menjadi agen perubahan dalam meningkatkan keselamatan di sektor kepelautan, yang tidak hanya memiliki kompetensi teknis berlayar, tetapi juga memiliki kesadaran (safety awareness) dan komitmen kuat terhadap aspek keselamatan (safety) dalam menjalankan tugasnya nanti. 

“Hal ini selaras dengan komitmen global yang digaungkan IMO terkait peningkatan standar safety dan security bagi pelaut," ungkapnya. 

Baca Juga:
Pimpin Wisuda 965 Lulusan STIP Jakarta, Capt. Wisnu: Ayo Cintai Museum Transportasi

Dia menyampaikan, pada Februari 2024 telah berlangsung Sidang IMO ke-10 di London yang membahas berbagai isu terkait keselamatan dan kesejahteraan pelaut. 

Hal ini menjadi dasar dalam penyelenggaraan pendidikan dan pelatihan kepelautan guna mengurangi bahaya dan risiko kecelakaan kerja di atas kapal. 

Baca Juga:
BPSDMP Bersama ITC Tingkatkan Bahasa Inggris Taruna Kemenhub

“Selain memiliki kompetensi dan dapat beradaptasi secara kontinyu terhadap perkembangan teknologi dan ilmu pengetahuan di bidang kepelautan," katanya. 

Dia juga meminta agar para wisudawan senantiasa berpegang pada nilai-nilai PRO-PRESTASI yaitu Problem Solver, Responsive, Oriented to Goal, Profesional, Reform, Ethic, Sustainable, Transform, Attitude, Standar Global, Integrity, dalam menjalankan tugasnya. 

Dia mengatakan, dengan menerapkan ilmu dan etika kepelautan yang diperoleh selama pendidikan, para wisudawan diharapkan dapat menjadi motor penggerak perubahan untuk keselamatan pelayaran di Indonesia.

Sementara itu Direktur PIP Makassar, Capt. Rudy Susanto melaporkan bahwa jumlah peserta wisuda tercatat 214 orang lulusan Program Studi Diploma IV (D-IV) Nautika dan Teknika, serta 325 orang lulusan Diklat Peningkatan Ahli Nautika/Teknika Tingkat I, II, III, IV dan V. 

Dengan demikian total peserta mencapai 539 orang. 

Selain melepas 539 lulusan, Plt Kepala BPSDMP juga memberikan kuliah umum yang menyampaikan pesan kepada para Perwira Transportasi Laut PIP Makassar untuk selalu berpegang pada kunci sukses, yaitu burning platform, growth mindset dan grand why. (omy)