Airnav Hadir di Kampung Manyaifun, Mutus, dan Pulau Yefkabu Raja Ampat

  • Oleh : Naomy

Rabu, 13/Mar/2024 19:13 WIB
Pemberian program TJSL Airnav di Papua Pemberian program TJSL Airnav di Papua

 

PAPUA BARAT DAYA (BeritaTrans.com) – Perum Lembaga Penyelenggara Pelayanan Navigasi Penerbangan Indonesia (Perum LPPNPI) atau yang lebih dikenal dengan AirNav Indonesia  bersama 11 BUMN lainnya melakukan  Kolaborasi BUMN di Raja Ampat.

Baca Juga:
AirNav Indonesia Dukung UMKM Naik Kelas dengan Hadir di Cilacap Expo

Khususnya di Kampung Manyaifun, Distrik Waigeo Barat, dan  Kampung Mutus serta Pulau Yefkabu, Distrik Waigeo Barat Kepulauan pada 6 - 8 Maret 2024. 


Program Kolaborasi Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL) AirNav di Raja Ampat ini melibatkan sejumlah BUMN ternama, seperti PT Pelindo (Persero), PT Pegadaian, PT PLN (Persero), PT Askrindo, PNM, PT Angkasa Pura II, PT Garuda Indonesia (Persero) Tbk , PT ASDP Indonesia Ferry (Persero), PT Jamkrindo, PT IFG, dan Perum Perumnas.  

Baca Juga:
Dukungan BUMN Bikin Olahraga Indonesia Semakin Moncer

Program Kolaborasi yang dilaksanakan meliputi rehabilitasi terumbu karang di Pulau Yefkabu dan penanaman 1.000 bibit dan 1.500 propagule mangrove di Pulau Mutus. 

Selain itu, sejumlah fasilitas penting seperti Masjid Al-Ikhlas dan tiga MCK (Mandi, Cuci, Kakus) di Pulau Manyaifun direnovasi dan satu dermaga diperbaiki di Pulau Mutus. 

Baca Juga:
AirNav Berangkatkan Gratis 2.000 Pemudik dari Pelabuhan Gilimanuk-Bali

Selain upaya lingkungan, program ini juga memberikan perhatian pada pemberdayaan masyarakat melalui pelatihan sumber daya manusia (SDM).

Selain itu, 200 nelayan juga menjadi penerima bantuan dalam program ini, dengan total 600 orang yang merasakan dampak positif dari program TJSL BUMN. 

Asisten Deputi Bidang TJSL di Kementerian BUMN, Edi Eko Cahyono menjelaskan, kolaborasi antara 12 perusahaan ini merupakan langkah konkret BUMN dalam upaya meningkatkan kesejahteraan dan menciptakan nilai bersama bagi masyarakat Raja Ampat.

"Kementerian BUMN berkomitmen terus melakukan inisiatif pembangunan berkelanjutan, dengan fokus pada dampak positif, perbaikan tata kelola, pemanfaatan teknologi, peningkatan kolaborasi, dan juga partisipasi aktif karyawan," ujar Edi belum lama ini. 

Program TJSL BUMN saat ini sangat mengutamakan bidang pendidikan, lingkungan, dan pengembangan Usaha Mikro dan Kecil (UMK), sebagai bagian dari upaya nyata dalam mendukung pembangunan yang inklusif dan berkelanjutan. 

Program ini juga mendapatkan apresiasi dari Pemerintah Kabupaten Raja Ampat, diwakili Dr. Yusuf Salim selaku Sekretaris Daerah Raja Ampat menyatakan, kehadiran kolaborasi BUMN membawa program pemberdayaan masyarakat dan konservasi lingkungan ini mendukung juga program pemerintah. 

Kolaborasi antara pemerintah daerah dan BUMN dalam implementasi program adalah langkah strategis untuk mencapai target pembangunan berkelanjutan.

Yusuf mengapresiasi Kolaborasi BUMN memerhatikan wilayah Papua, khususnya Raja Ampat yang sudah mendapatkan penghargaan dari UNESCO sebagai Global Geopark, yang harus dijaga dan dilestarikan tidak hanya potensi alamnya, tetapi juga pemberdayaan sumber daya manusianya.

Sekretaris Kampung Mutus Obet mengucapkan terima kasih kepada BUMN dan berharap bahwa kolaborasi ini tidak hanya berakhir di sini, tetapi menjadi awal dari kerja sama yang lebih lanjut untuk membantu meningkatkan kesejahteraan dan kondisi lingkungan di Kampung Mutus. 

Obet juga berharap bahwa semoga kerja sama ini dapat terus berlanjut dan memberikan manfaat yang besar bagi seluruh masyarakat Kampung Mutus.

Sekretaris perusahaan AirNav Indonesia, Hermana Soegijantoral menyampaikan bahwa program kolaborasi ini tidak hanya sampai di pelaksanaan serahterima program saja.

"Akan tetapi terus akan dilanjutkan dengan pendampingan kepada masyarakat penerima program sampai dengan masyarakat siap untuk melanjutkan program tersebut secara mandiri," tutur Hermana.

Sehari sebelumnya Juga telah dilakukan seremoni penyerahan Program kolaborasi konservasi lingkungan dan pemberdayaan Masyarakat kepulauan Raja ampat secara simbolis yang dilakukan Direktur keuangan dan manajemen Risiko AirNav Indonesia Azizatun Azhimah Kepada perwakilan masyarakat Manyaifun di Ballroom Korpak Villa and Resort, Waisai Papua barat Daya.

Dalam melakukan inisiatif kolaborasi 12 BUMN di Raja Ampat ini, Kementerian BUMN dan Kolaborasi TJSL BUMN menggandeng Socialimpact ID sebagai mitra pelaksana program. (omy)