Bandara Kualanamu Siap Layani Angkutan Lebaran

  • Oleh : Redaksi

Minggu, 17/Mar/2024 20:52 WIB
Bandara Kualanamu Bandara Kualanamu


MEDAN (BeritaTrans.com) - Otoritas Bandara Wilayah II Medan menyebut bahwa Bandara Internasional Kualanamu di Deli Serdang, Sumatera Utara, siap melayani angkutan Lebaran 2024.

"Bandara Internasional Kualanamu siap melayani angkutan Lebaran 2024," ujar Kepala Kantor Otoritas Bandara (OBU) Wilayah II Medan, Sokhib Al Rokhman di Medan, Ahad (17/3/2024).

Baca Juga:
Dampak Erupsi Gunung Ruang, 2 Bandara Sudah Buka 5 Masih Ditutup Sementara

Pihaknya menjelaskan kesiapan itu meliputi para pemangku kepentingan, baik PT Angkasa Pura Aviasi (AVI) sebagai pengelola bandara, AirNav Indonesia, maskapai dan lainnya.

Salah satunya dengan pengaktifan Posko Terpadu Angkutan Udara Lebaran 2024 di Bandara Internasional Kualanamu.
 
Pengaktifan posko ini dilakukan selama 16 hari, baik periode mudik lebaran maupun arus balik lebaran atau mulai H-7 hingga H+7 mendatang pada 3 hingga 18 April 2024.
 
Posko ini terdiri atas berbagai unsur para pemangku kepentingan yang memberikan pelayanan bagi penggunaan transportasi udara di Bandara Internasional Kualanamu.

Baca Juga:
Bandara Kertajati Layani Angleb Setelah Operasi Penuh, Jumlah Penumpang di Puncak Mudik Tembus 2.386

Data Bandara Internasional Kualanamu di Deli Serdang menyebutkan, jumlah pesawat yang mendarat maupun lepas landas di Kualanamu sebanyak 122 kali dengan penumpang 13 ribu lebih orang per hari.
 
"Jadi di posko itu merupakan kolaborasi otband (otoritas bandara), PT AVI, KKP (Kantor Kesehatan Pelabuhan), TNI/Polri dan lainnya. Kita berharap sinergi  menghadapi angkutan lebaran terwujud tahun ini," katanya.
 
Sokhib mengatakan, pihaknya saat ini bersama AVI dan AirNav sedang melakukan pemeriksaan seluruh fasilitas operasional penerbangan.
 
OBU Medan memiliki wilayah kerja enam bandara meliputi Sultan Iskandar Muda di Banda Aceh, Kualanamu di Deli Serdang, Silangit di Tapanuli Utara, Sultan Syarif Kasim II di Pekanbaru, Hang Nadim di Batam dan Raja Haji Fisabilillah di Tanjung Pinang, dikutip dari laman republika.
 
"Ini sudah rutin, tapi menghadapi prediksi ada kenaikan penumpang yang jumlahnya sampai sekarang masih menunggu posko nasional, tentu kita menyiapkan fasilitas. Inspeksi ini kita tingkatkan," pungkasnya. (soleh) 

Baca Juga:
Puncak Arus Mudik, Airnav Layani 1.200 Penerbangan Sehari di Bandara Soekarno-Hatta