Bandara Mutiara Sis Al-Jufri Segera Diresmikan Presiden

  • Oleh : Naomy

Sabtu, 23/Mar/2024 10:42 WIB
Terminal baru Bandara Palu Terminal baru Bandara Palu


PALU (BeritaTrans.com) – Rehabilitasi dan rekonstruksi Bandara Mutiara Sis Al-Jufri dimulai pada tahun 2020 telah selesai pada tahun 2023. 

Dalam waktu dekat, bandara ini rencananya akan diresmikan oleh Presiden Joko Widodo.

Baca Juga:
Era Presiden Joko Widodo, Kemenhub Bangun 27 Bandara Baru

“Proyek ini tidak hanya tentang membangun kembali fasilitas bandara yang terdampak, tetapi juga tentang membangun kembali semangat dan harapan bagi masyarakat setempat,” ungkap Kepala Unit Penyelengara Bandar Udara (UPBU) Mutiara Sis Al-Jufri Rudi Richardo di Palu, Sabtu (23/3/2024).

Pengembangan Bandara Mutiara Sis Al-Jufri di Palu ini bertujuan rehabilitasi dan rekonstruksi fasilitas di sisi udara dan sisi darat yang terdampak pascabencana alam gempa bumi bermagnitudo 7,4 yang mengguncang kota Palu dan Donggala di Sulawesi Tengah, tahun 2018. 

Baca Juga:
Menhub Sebut Pembangunan Bandara IKN Berjalan Sesuai Rencana

Bandara Mutiara Sis Al Jufri memiliki panjang runway 2.510 x 45 meter sehingga mampu didarati pesawat terbesar Boeing 737-900ER dengan gedung terminal penumpang seluas 19.476 m2.  

Saat ini terdapat delapan maskapai yang beroperasi melayani beberapa rute penerbangan seperti:
1. Palu – Jakarta;
2. Palu – Makassar;
3. Palu – Luwuk;
4. Palu – Toli-toli;
5. Palu – Morowali;
6. Palu – Balipapan;
7. Palu – Ampana;
8. Palu – Poso;
9. Palu – Seko; dan
10. Palu – Pahuwato

Baca Juga:
Penyelenggaraan Angkutan Udara Lebaran 2024 Sukses, Dirjen Kristi Apresiasi Kolaborasi Semua Pihak

Direktur Jenderal Perhubungan Udara Maria Kristi Endah Murni di Jakarta menyampaikan Kementerian Perhubungan akan terus meningkatkan pelayanan bandara.  

“Puji syukur, sekarang ini Bandara Mutiara Sis Al-Jufri tampil cantik untuk mendukung konektivitas, mendorong kunjungan wisata dan meningkatkan pertumbuhan ekonomi di Sulawesi Tengah. Selain aspek keselamatan dan keamanan penerbangan yang terus kami tingkatkan, kenyamanan bagi penumpang juga menjadi perhatian khusus. Mari bersama-sama kita jaga bandara ini dengan baik,” tutur Kristi. (omy)