KAI Daop 1 Jakarta Bersama Kemenkop dan UKM Gelar Bazar Ramadan di Area Stasiun Gambir

  • Oleh : Redaksi

Kamis, 28/Mar/2024 17:16 WIB
Foto:Istimewa Foto:Istimewa

JAKARTA (BeritaTrans.com) - PT Kereta Api Indonesia (Persero) Daop 1 Jakarta bersama Kementrian Koperasi dan UKM menggelar Bazar Ramadhan pada 28 Maret 2024 hingga 30 maret 2024 di Stasiun Gambir pada Kamis (28/3/2024).

Penyelenggaraan fasilitasi usaha mikro pada area infrastruktur publik tersebut bertujuan untuk memasarkan produk UMKM. Ada 25 Stand dan 50 UMKM yang ikut ramaikan kolaborasi Bazar Ramadhan KAI bersama Kemenkop.

Baca Juga:
KAI Daop 1 Jakarta Operasikan KA Tambahan Relasi Pasarsenen-Solo Balapan, Ini Jadwalnya!

Atas penyelenggaraan itu, Deputi Executive Vice President 1.1 Daop 1 Jakarta Suharjono mengatakan, KAI mendukung aturan pemerintah dalam memberikan program space atau lahan 30 persen yang diperuntukan untuk UMKM.

"KAI menawarkan space atau lahan area di Stasiun lain yang dapat dimanfaatkan untuk kegiatan bazar UMKM. Dan untuk Bazar Ramadhan ini kami ucapkan terima kasih atas kepercayaan Kemenkop kepada KAI dalam penyelenggaraan di Area Stasiun Gambir," ucapnya.

Baca Juga:
Daop 1 Jakarta Sukses Berangkatkan Lebih 827 Ribu Penumpang KAJJ Selama Angkutan Lebaran 2024

Selain itu, KAI juga mendapat kepercayaan dari pemerintah dalam beberapa Proyek Strategis Nasional (PSN).

"KAI juga melakukan pengelolaan aset non row untuk meningkatkan profit perusahaan diluar angkutan penumpang," katanya.

Baca Juga:
Antisipasi Kemacetan di Gambir, 9 KA Beroperasional di Stasiun Jatinegara Khusus Senin 22 April

Sementara itu, Asisten Deputi Pengembangan Rantai Pasok Usaha Mikro, Sutarmo mengucapkan terima kasih kepada KAI khususnya Daop 1 Jakarta dalam memfasilitasi lahan atau space untuk berjualan di Area Stasiun Gambir secara gratis.

"Berdasarkan PP7 th 2021 dimana pihak perusahan Badan Usaha Milik Negara (BUM) wajib memberikan space untuk stand kepada UMKM, dan KAI daop 1 jakarta sudah lakukan itu, saya ucapkan terima kasih," ucapnya.

Sutarmo berharap, dengan datangnya momen mudik lebaran tahunan dapat membantu para UMKM berjualan hingga laris.

"Fasilitas ini untuk UMKM, agar dimana mereka bisa berakitiftas berjualan selama Ramadhan, dan fasilitas yang diberikan oleh Kemenkop dan UMKM secara offline dapat dinikmati bagi pengguna jasa angkutan kereta api baik yang ingin berangkat maupun yang tiba  di Stasiun gambir jadi buah tangan," pungkasnya.

Dengan adanya kolaborasi dan sinergi beberapa pihak kemenkop dan UKM bisa berjalan dan tumbuh berkembang secara baik sesuai harapan.(fhm)