UMB-PWI Pusat Tekankan Pentingnya Verifikasi dalam Karya Akademik dan Jurnalistik

  • Oleh : Naomy

Jum'at, 29/Mar/2024 14:18 WIB
Kolaborasi UMB dan PWI Pusat Kolaborasi UMB dan PWI Pusat

JAKARTA (BeritaTrans.com) - Universitas Mercu Buana (UMB) dan Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Pusat menggelar acara Buka Puasa Bersama dengan tema "Pentingnya Verifikasi bagi Penulisan Ilmiah dan Kerja Jurnalistik" di Gedung Doktoral Universitas Mercu Buana, Meruya, Jakarta Barat, Kamis, (28/3/2024).

Acara ini dihadiri Ketua Umum PWI Pusat, Hendry Ch. Bangun, Sekjen PWI Pusat Sayid Iskandarsyah dan jajaran PWI Pusat lainnya. Rektor UMB, Prof. Andi Adriansyah, Sekretaris Universitas UMB, Dr. Elly Yuliawati, Ketua Lembaga Penjamin Mutu UMB, Dr. Tin Budi Utami, serta Kepala Biro Humas UMB, Dr. Ira Purwitasari.

Baca Juga:
Menkominfo Pimpin Kick Off Satgas Anti Hoaks PWI Pusat

Selain itu, turut hadir para dekan UMB dan jajaran juga hadir dalam buka bersama tersebut. 

Dalam sambutannya, Rektor UMB, Prof. Andi menekankan pentingnya verifikasi dalam menciptakan karya akademik dan jurnalistik berkualitas, serta memastikan setiap informasi yang disampaikan dapat dipertanggungjawabkan. 

Baca Juga:
Satgas Anti Hoax PWI dan UMB Ungkap Strategi Literasi Digital Hadapi Gelombang Berita Palsu

"Ada tiga nilai budaya yang dibangun oleh UMB: integritas, inovasi, dan harmoni. Kami yakin bahwa memperkuat budaya harmoni sangat penting, di mana puasa tidak hanya tentang ibadah, tetapi juga tentang membangun empati dan silaturahmi dengan semua makhluk hidup. Kami aktif berupaya memperkuat keharmonisan ini melalui kolaborasi dengan berbagai pihak, termasuk PWI. Kami optimis bahwa kerja sama dan jaringan yang telah terjalin akan terus berkembang untuk membangun masyarakat yang adil dan sejahtera di Indonesia.” urai Andi.

Selaras dengan itu, Hendry Ch. Bangun, menyambut baik terselenggaranya acara buka puasa bersama ini. Menurut Hendry, kerja sama antara PWI Pusat dan UMB telah menciptakan jalinan komunikasi yang baik, membawa harapan untuk membangun bangsa yang lebih baik. 

Baca Juga:
PWI Pusat- Universitas Mercu Buana Teken MoU Tingkatkan Literasi Digital dan Memerangi Hoax

Hal ini merupakan bukti nyata kolaborasi yang produktif antara lembaga pendidikan dan dunia jurnalistik.

“Saya bahagia bahwa kita telah bekerja sama meskipun belum semulus yang seharusnya, karena ada beberapa hambatan teknis dan pemilu. Saya juga di dewan pers menginisiasi penelitian di bidang komunikasi, seperti minat terhadap media massa dibanding media sosial. Penelitian semacam ini diperlukan sebagai panduan bagi media massa dalam menentukan kebijakannya sesuai dengan perkembangan yang ada," ungkap Hendry. 

Acara buka puasa bersama ini tidak hanya merupakan ajang silaturahmi, tetapi juga sarana untuk meningkatkan pemahaman akan pentingnya verifikasi dalam aktivitas akademik dan jurnalistik. Hal ini diperkuat dengan ceramah oleh Ustadz Dr. Abdurachman Sadero, yang mengingatkan tentang pentingnya verifikasi, atau yang dalam bahasa Arab disebut sebagai tabayun.

Seperti yang diketahui bahwa UMB dan PWI Pusat melakukan penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) oleh Ketua Umum PWI Pusat dan Rektor UMB, pada November 2023. 

MoU ini menegaskan komitmen kedua belah pihak untuk menjalin kerjasama yang lebih erat dalam berbagai bidang.

Sedangkan kerja sama khusus anti hoaks Memorandum of Agreement (MoA) ditandatangani oleh Koordinator Satgas Anti Hoax PWI Pusat Muhammad Iqbal Irsyad dan Kepala Biro Humas  UMB, Dr. Ira Purwitasari. 

MoU dan MoA ini menegaskan komitmen kedua belah pihak untuk menjalin kerjasama yang lebih erat dalam berbagai bidang. 

Melalui Buka Bersama ini tidak hanya menjadi ajang silaturahmi, tetapi juga merupakan wujud nyata dari tekad bersama untuk memperkuat kerjasama dan menghadapi tantangan bersama dalam mempromosikan informasi yang akurat dan berwawasan. (omy) 

Tags :