Pastikan Kualitas dan Kuantitas BBM di SPBU, Pertamina Patra Niaga Regional Jawa Bagian Barat Gelar Uji Tera di Wilayah Sukabumi dan Cianjur

  • Oleh : Ahmad

Jum'at, 29/Mar/2024 23:13 WIB
Foto:istimewa/pertaminajawabarat Foto:istimewa/pertaminajawabarat

SUKABUMI (BeritaTrans.com) – Dalam rangka memastikan kualitas dan kuantitas BBM di seluruh SPBU, Sales Area Retail Sukabumi PT Pertamina Patra Niaga Regional Jawa Bagian Barat melaksanakan Quality and Quantity (QQ) Control (kontrol kualitas dan kuantitas) melalui uji tera dan pengecekan sarana dan fasilitas dispenser SPBU di Sukabumi dan Cianjur pada Kamis (28/03).

Baca Juga:
Pertamina Patra Niaga Apresiasi Polres Karawang Ungkap Praktik Pengoplosan Tabung Elpiji

Uji tera dilakukan oleh Sales Area Retail Sukabumi bersama dengan UPTD Legal Metrologi Kota Sukabumi dan Kabupaten Cianjur, serta Himpunan Swasta Nasional Minyak dan Gas (Hiswana Migas) DPC Sukabumi dan Cianjur. Kegiatan pengecekan di Sukabumi dilaksanakan di SPBU 34.43121 Jayakarsa, SPBU 31.43101 Tipar, SPBU 34.43116 Subangjaya. Sementara di Cianjur, kegiatan pengujian dilakukan di SPBU 34.43217 Cipeyeum.

Kegiatan uji tera di dua lokasi ini dilakukan untuk memastikan takaran di SPBU wilayah Sukabumi dan Cianjur dalam kondisi yang baik dan akurat, juga memastikan tidak ada alat mencurigakan dalam dispenser.

Baca Juga:
Pemberangkatan Jemaah Haji 2024 Dimulai, Pertamina Patra Niaga Regional Jawa Bagian Barat Pastikan Stok Avtur Aman

Area Manager Communication, Relations & CSR Regional Jawa Bagian Barat PT Pertamina Patra Niaga, Eko Kristiawan, dalam kesempatan terpisah menyampaikan beberapa poin penting terkait uji tera yang dilaksanakan Pertamina Patra Niaga.

"Uji tera yang dilakukan di wilayah Regional Jawa Bagian Barat adalah untuk memastikan keakuratan alat ukur BBM menggunakan alat yang sudah terverifikasi. Uji tera dilakukan minimal sekali setahun bersama dengan Metrologi dan selama periode tersebut Pertamina juga melakukan pengecekan," ungkap Eko.

Baca Juga:
Jalankan Kebijakan Pemerintah, Pertamina Patra Niaga Tegaskan Komitmen Tetap Salurkan Pertalite

Eko menambahkan bahwa upaya kontrol kualitas dan kuantitas BBM yang dilakukan Pertamina Patra Niaga melalui pengecekan fisik, dispenser, dan uji tera di seluruh SPBU merupakan komitmen untuk memberikan pelayanan terbaik kepada konsumen, termasuk memastikan keakuratan alat ukur BBM.

"Selain untuk memastikan pelayanan prima yang diberikan SPBU, Pertamina juga terus berkomitmen untuk melindugi konsumen agar mendapatkan BBM dengan takaran akurat dan kualitas terbaik," tambah Eko.

Sementara itu, Sales Area Manager Sukabumi, Zia Ardhi, menyampaikan bahwa kegiatan pengujian di beberapa SPBU wilayah Sukabumi dan Cianjur ini untuk memastikan BBM yang disalurkan ke masyarakat dalam kualitas dan kuantitas yang akurat.

"Pengecekan ini juga untuk menjamin pelayanan ke konsumen khususnya menyambut Satgas RAFI dan juga antisipasi kondisi cuaca buruk," tambah Zia.

Pengujian kontrol kualitas dan kuantitas BBM di SPBU dilakukan dengan pemeriksaan takaran minyak dispenser menggunakan bejana 20 liter, memastikan Sertifikat Metrologi masih berlaku, mengukur density, memeriksa apakah tangki timbun apakah terdapat kadar air, memeriksa sumur pantau, serta memeriksa dan memastikan seluruh APAR yang tersedia di SPBU belum expired dan dapat digunakan.

Untuk informasi lebih lanjut terkait produk dan layanan Pertamina serta subsidi tepat ataupun pengaduan lainnya, dapat menghubungi Pertamina Call Center 135.(ahmad)