KAI Daop 1 Jakarta Pastikan Kesiapan Sarana Prasarana hingga Pengamanan Mudik Lebaran 2024

  • Oleh : Fahmi

Minggu, 31/Mar/2024 10:20 WIB
Antrean penumpang kereta api di Stasiun Pasar Senen. (Foto/dok:KAI Daop 1 Jakarta) Antrean penumpang kereta api di Stasiun Pasar Senen. (Foto/dok:KAI Daop 1 Jakarta)

JAKARTA (BeritaTrans.com) - Dalam mendukung momen mudik lebaran 2024, PT Kereta Api Indonesia (Persero) Daop 1 Jakarta telah melakukan kesiapan-kesiapan untuk angkutan lebaran 2024 menjelang periode mudik pada tanggal 31 Maret 2024 hingga 21 April 2024.

Beberapa kesiapan tersebut seperti antisipasi sarana dan prasarana, pengamanan dalam perjalanan kereta api maupun di stasiun dan peningkatan keselamatan perjalanan kereta api.

Baca Juga:
KAI Daop 1 Jakarta Operasikan 6 KA Tambahan di Momen Libur Panjang Waisak-Akhir Pekan

Manager Humas KAI Daop 1 Jakarta Ixfan Hendriwintoko mengatakan, dalam antisipasi gangguan perjalanan KA selama masa Angkutan Lebaran 2024, maka dilakukan penempatan
sarana posko seperti lokomotif posko, kereta pembangkit dan crane pada titik yang ditentukan.

"Hal yang sama juga pada penempatan Alat Material Untuk Siaga (AMUS) pada lokasi yang ditentukan serta menempatkan petugas prasarana extra antara lain Petugas Jaga Jalan Lintas (PJL), Petugas Pemeriksa Jalur (PPJ), Petugas Daerah Pemantauan Khusus (Petugas Dapsus)," kata Ixfan, Ahad (31/3/2024).

Baca Juga:
Penumpang KA dari Gambir dan Pasar Senen Meningkat saat Libur Panjang Waisak-Akhir Pekan

Selain itu, dalam peningkatan Keamanan dan Ketertiban (Kamtib) dalam perjalanan kereta api maupun di stasiun kereta api, KAI Daop 1 Jakarta melakukan koordinash kewilayahan dengan aparat setempat serta meningkatkan pengamanan pada daearah rawan kamtib. Dengan jumlah petugas pengamanan yang tersebar.

KAI juga terus melakukan peningkatan keselamatan perjalanan kereta api masa mudik lebaran 2024, KAI Daop 1 Jakarta telah melakukan pemeriksaan lintas oleh management.

Baca Juga:
Selama Libur Akhir Pekan KAI Daop 1 Jakarta Berangkatkan 146 Ribu Lebih Penumpang

"KAI telah melakukan sosialisasi kepada masyarakat terkait hal tersebut, terutama keselamatan pada perlintasam sebidang," ucap Ixfan.

Tak hanya antisipasi dan peningkatan keselamatan yang sudah di persipakan menjelang mudik lebaran 2024, KAI Daop 1 Jakarta juga telah menyiapkan Kereta Api Reguler maupun Tambahan dengan kesiapan baik dari Lokomotif, Kereta, maupun Kereta Pembangkit untuk mendukung angkutan mudik lebaran.

"KAI Daop 1 jakarta sudah mempersiakan demi kelancaran mudik lebaran 2024 sebanyak 1.677 KA termasuk KA tambahan selama periode mudik lebaran dengan KA perharinya 76 KA, dan juga kesiapan dari 135 Locomotif dan 84 Kereta pembangkit dengan berbagai kondisi yang baik mulai dari yang siao digunakan hingga cadangan demi kelancaran momen mudik lebaran 2024," imbuh ixfan.

Pada mudik lebaran 2024, dikatakan Ixfan, KAI Daop 1 Jakarta menyiapkan tempat duduk untuk penumpang kereta api jarak jauh (KAJJ) sebanyak 957.138 tempat duduk dengan rata-rata harian tempat duduk 43.506 tempat duduk 

"Jika dibandingkan pada mudik lebaran tahun 2023, pada tahun 2024 ini jumlah kapasitas tempat duduk yang disediakan meningkat 8 persen yang dimana pada tahun 2023 hanya menyediakan 917.017 tempat duduk untuk penumpang kereta jarak jauh," katanya.

Selain itu, tak hanya KAJJ dari Daop 1 Jakarta saja, ada KA angkutan Motor Gratis (Motis) kolaborasi antara Kemenhub dengan KAI untuk membantu masyarakat yang ingin mudik kekampung halaman sehingga dapat membantu masyarakat untuk membawa kendaraan saat mudik.

"Untuk Angkutan Motis tahun ini membawa 2.014 penumpang perharinya dengan membawa total 870 unit motor perhari pada periode selama 14 hari, dengan kapasitas kereta yang berbeda-beda dalam lintasnya, untuk lintas sendiri motis ada 3 lintas yaitu lintas utara relasi Cilegon-Semarang Tawang, Lintas Tengah relasi Jakarta Gudang-Kutoarjo dan yang terakhir Lintas Selatan via Bandung relasi Jakarta Gudang-Madiun," kata Ixfan.

Untuk pengamanan, Ixfan mengungkapkan bahwa KAI Daop 1 Jakarta sudah menyiapkan 591 personel yang tersebar diseluruh wilayah kerja daop 1.

"Jumlah keseluruhan personel pengamanan tersebut tersebar mulai dari pasukan pengamanan di Stasiun-stasiun wilayah daop 1, diperkantoran daop 1, maupun di daerah rawan pada gangguan kamtib," kata Ixfan.

KAI akan terus memberikan kenyamanan dan keselamatan kepada penumpang jasa angkutan kereta api yang ingin mudik lebaran tahun 2024, karena pada tahun 2024 ini KAI mensosialisasikan kepada penumpang untuk selalu menikmati perjalanan dengan ceria dan penuh makna. (Fhm)