Dukung Arus Mudik, Tol Solo-Jogja Dibuka Fungsional 2 Arah Mulai Colomadu-Karanganom

  • Oleh : Fahmi

Senin, 01/Apr/2024 23:11 WIB
Foto:Istimewa Foto:Istimewa

JAKARTA (BeritaTrans.com) - Jalan tol Solo-Jogja akan dibuka untuk fungsional arus mudik dan balik Lebaran 2024 sepanjang 23 kilometer. Nantinya, sepanjang 13 kilometer akan dibuka dua arah mulai dari Colomadu hingga Karanganom.

"Tol fungsional ini rencana akan difungsikan mulai tanggal 5 sampai tanggal 15 April 2024," kata Kasat Lantas Polres Boyolali AKP Agista Ryan Mulyanto di sela-sela mengecek jalan tol fungsional Solo-Jogja di wilayah Banyudono, Boyolali, Senin (1/4/2024).

Baca Juga:
221 Ribu Kendaraan Gunakan Jalan Tol Cipali Saat Libur Panjang Akhir Pekan

Sama seperti pada libur Natal 2023 dan Tahun Baru 2024 (Nataru) lalu, tol fungsional arus mudik Lebaran nanti juga akan dibuka hanya pada siang hari. Mulai pukul 06.00 WIB sampai 17.00 WIB.

Tol fungsional yang dibuka dan masih gratis itu bisa diakses melalui dua pintu masuk. Untuk kendaraan dari jalan tol Trans Jawa, baik yang dari arah Jakarta maupun Surabaya, bisa melalui Exit Gerbang Tol (GT) Colomadu, di Km 492 langsung nyambung ke tol Solo-Jogja. Sedangkan yang dari jalan arteri Solo-Semarang, yakni masuk melalui GT Banyudono.

Baca Juga:
Arus Kendaraan di Jalan Tol Sibanceh Meningkat 107 Persen

Tol fungsional Solo-Jogja, lanjut dia, dibuka sepanjang 23 km, hingga keluar di Ngawen, Klaten.

"Jadi dari Colomadu STA 0, kemudian keluar di Karanganom itu STA 13, kemudian STA 23 yaitu keluarnya Ngawen, Klaten," jelasnya.

Baca Juga:
Pelemparan Batu ke Mobil di Tol Cikampek, Jasa Marga Akan Cek

Jadi untuk pengguna jalan tol fungsional Solo-Jogja ini, nanti bisa keluar di exit Karanganom, Klaten maupun di exit Ngawen, Klaten.

Lebih lanjut Agista mengatakan, untuk tol fungsional Solo-Jogja ini kemungkinan akan dibuka dua arah. Baik dari arah Solo menuju Jogja maupun sebaliknya, Jogja menuju Solo.

Namun dua arahnya ini hanya dari Karanganom sampai gerbang tol Colomadu atau Exit Banyudono atau sepanjang 13 km.

"Untuk tol fungsional ini kemungkinan akan dilaksanakan dua arah. Dua arahnya itu dari Karanganom sampai Colomadu. Tetapi karena dari Karanganom sampai Ngawen itu belum bisa dilaksanakan dua arah, baru satu arah saja. Sampai exit Banyudono, dua arah," terang Agista.

Karena dibuka dua arah, maka pengguna nanti bisa keluar masuk di GT Colomadu, exit Banyudono maupun di exit Karanganom. Kendaraan dari arah Jogja dari jalan arteri Solo-Jogja yang hendak masuk tol Trans Jawa bisa masuk melalui exit atau GT Karanganom, Klaten kemudian masuk melalui GT Colomadu.
(Fhm)