Jalan Tol Binjai-Tanjungpura Dibuka Gratis saat Libur Lebaran, Tersedia Rest Area Loh!

  • Oleh : Redaksi

Rabu, 03/Apr/2024 05:25 WIB
Rest area. (Pixabay) Rest area. (Pixabay)

BINJAI (BeritaTrans.com) - Pengendara mobil yang ingin menuju Medan - Aceh sudah bisa menggunakan ruas jalan Tol Binjai-Langsa pada libur Lebaran Idul Fitri 1445 H. Saat ini pemudik bisa melintas di Seksi Kuala Bingai-Tanjungpura.

Hal ini diungkapkan oleh Branch Manager Tol Binjai-Langsa, Ari Wibowo saat dikonfirmasi wartawan. "Untuk ruas Tol Binjai-Langsa yang beroperasi untuk mudik lebaran, sampai Tanjungpura," kata Ari, Senin (1/4/2024).

Baca Juga:
Dua Ruas Tol Trans Sumatra Masih Beroperasi Fungsional Sampai 21 April

Ruas jalan tol sendiri dibuka sepekan menjelang Lebaran Idul Fitri 1445 H. Selain digunakan untuk mempercepat jarak tempuh. Pengendara bisa terhindar dari kemacetan akibat meningkatnya volume kendaraan di Jalan Lintas Sumatera (Jalinsum) Medan-Aceh.

Sebab, kemacetan memang sering terjadi jelang hari-hati besar. "Kita berharap akses jalan tol dibuka nantinya bisa memangkas jarak tempuh pengguna jalan," harap dia.

Baca Juga:
Jalan Tol Solo-Yogyakarta Dibuka untuk Pemudik Mulai Jumat 5 April

Ari menyebutkan, pemudik tak perlu khawatir jika mengalami kelelahan saat diperjalanan. Nantinya Ruas Tol Binjai-Langsa terdapat rest area di KM 41 A dan 41 B yang dibuka fungsional selama Lebaran Idul Fitri 2024.

Meski begitu, Ari tak menegaskan sejak tanggal berapa rest area itu dibuka. "Rest Area akan kami buka fungsional di KM 41 A dan 41 B," jelas Ari.

Baca Juga:
Dukung Arus Mudik, Tol Solo-Jogja Dibuka Fungsional 2 Arah Mulai Colomadu-Karanganom

Sedangkan itu soal tarif tol, saat ini pengendara yang masuk dari Gerbang Tol Stabat yang hendak menuju ke Gerbang Tol Tanjung Pura tak dikenakan tarif alias gratis. "Untuk tarif dari Stabat-Tanjung Pura masih belum bertarif," papar Ari.

Meski belum bertarif, PT Hutama Karya mengimbau agar pengguna jalan tetap menyiapkan kartu uang elektronik untuk tapping kartu dan menggunakan satu kartu untuk satu kendaraan saat memasuki gerbang tol.(fhm)