Rute Kapal Baru Buleleng-Raas Dibuka untuk Antisipasi Lonjakan Pemudik dari Bali saat Lebaran

  • Oleh : Redaksi

Rabu, 03/Apr/2024 07:11 WIB
Armada penyeberangan KMP Munggiyango Hulalo saat bersandar di Pelabuhan Kalianget setelah menurunkan penumpang pada bulan Maret lalu.(ist) Armada penyeberangan KMP Munggiyango Hulalo saat bersandar di Pelabuhan Kalianget setelah menurunkan penumpang pada bulan Maret lalu.(ist)

JAKARTA (BeritaTrans.com) - Untuk mengantisipasi lonjakan penumpang kapal penyeberangan di Pulau Raas, Sumenep dan di Pulau Bali 

Biasanya, para perantau dari Bali yang mudik ke Pulau Raas akan memanfaatkan penyeberangan dari Pelabuhan Jangkar, Situbondo. Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sumenep telah menyiapkan layanan penyeberangan baru dari Bali menuju Raas.

Kepala Dinas Perumahan Rakyat Kawasan Permukiman dan Perhubungan (Disperkimhub) Sumenep, Yayak Nurwahyudi menyampaikan bahwa pada momen menjelang Lebaran tahun ini pihaknya telah melakukan upaya dan Langkah-langkah antisipasi lonjakan penumpang pengguna jasa penyeberangan kapal di Pelabuhan Jangkar Situbondo.

“Utamanya mereka yang merantau ke tanah Bali. Warga Pulau Raas yang ada di Bali jumlahnya cukup banyak. Dari Bali ke Raas biasanya berangkat dari Pelabuhan Jangkar, Situbondo,” ujarnya seperti dilansir, Rabu (3/4/2024).

Ia mengatakan untuk puncak arus mudik sendiri biasanya terjadi pada H-3 menjelang Lebaran.

Maka untuk mengantisipasi lonjakan penumpang di Pelabuhan Jangkar, Situbondo pihaknya akan menambah jumlah armada kapal yang beroperasi.

Selain itu, pihaknya juga akan membuka rute penyeberangan baru dari Pelabuhan Celukan Bawang, Buleleng, Bali langsung menuju Pelabuhan Brakas di Pulau Raas.

Menurutnya, usulan untuk membuka rute baru dari Buleleng menuju Raas itu telah disetujui Kementerian Perhubungan (Kemenhub) dan akan segera dibuka.

“Usulan tersebut sudah disetujui Kementerian Perhubungan (Kemenhub) RI dan rencananya akan dibuka mulai tanggal 3 April nanti,” tandasnya.
(Fhm)