Mudik Gratis BUMN Untuk Bantu Arus Mudik Lebih Kondusif

  • Oleh : Naomy

Jum'at, 05/Apr/2024 20:21 WIB
Menhub di pelepasan mudik gratis BUMN Menhub di pelepasan mudik gratis BUMN


JAKARTA (BeritaTrans.com) - Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi menyampaikan apresiasi kepada Kementerian BUMN bersama para BUMN yang menyelenggarakan mudik gratis pada masa Angkutan Lebaran (Angleb) 2024. 

Hal ini disampaikan Menhub saat menghadiri Flag Off Mudik Asyik Bersama BUMN 2024 di Lapangan Silang Monas, Jakarta, Jumat (5/4/2024). 

Baca Juga:
Indonesia Tuan Rumah Forum Sistem Transportasi Cerdas Asia Pasifik

"Saya sangat mengapresiasi kegiatan Kementerian BUMN mengumpulkan semua BUMN untuk kegiatan mudik gratis ini. Karena secara tidak langsung ini membantu saudara kita yang kurang dan di sisi lain membantu agar mereka yang tadinya naik sepeda motor berpindah pada angkutan massal bus," tutur Menhub.

Dia berpesan kepada masyarakat yang akan menggunakan kendaraan umum untuk mengutamakan keselamatan. 

Baca Juga:
Menhub Dorong Percepatan Penggunaan Bus Listrik di Perkotaan

Bagi masyarakat yang di kampung akan liburan dengan kendaraan umum, pilih pengemudi yang sudah mendapat surat izin jalan, jangan pilih pengemudi tembak. Karena menurut penelitian, kendaraan dan pengemudi ilegal ini yang kebanyakan mengalami kecelakaan," imbuh Menhub. 

Menteri BUMN Erick Thohir mengatakan, kegiatan mudik gratis ini merupakan upaya untuk mendorong kegiatan mudik yang aman dan nyaman. 

Baca Juga:
Menhub dan Kakorlantas Polri Bahas Evaluasi Bus Pariwisata

"Kami mendorong program kerja sama 88 BUMN yang tahun ini bisa memudikkan lebih dari 90.000 pemudik, salah satunya menggunakan kendaraan seperti bus yang bisa kita lihat hari ini," tuturnya. 

Menteri BUMN Erick menyampaikan, peserta mudik gratis bersama BUMN ini memiliki tujuan beragam, diantaranya sebanyak 30.000 peserta ke Jawa Timur, 25.000 peserta menuju Jawa Tengah, lebih dari 1.000 peserta ke Jawa Barat, dan lebih dari 5.000 peserta ke wilayah Sumatera. 

"Ini bagian dari kepedulian kami BUMN, seperti arahan bapak Presiden untuk bisa meringankan kendala yang dihadapi masyarakat ketika daya beli menurun dan Inshallah kami BUMN bisa hadir membantu masyarakat," lanjutnya.  

Turut hadir dalam kegiatan ini Penjabat Gubernur DKI Jakarta, Heru Budi Hartono, Kepala Korlantas Polri Aan Suhanan, dan Direktur Utama Jasa Rahardja Rivan A Purwantono. (omy)