KCI Optimalkan Layanan KRL di Periode Angkutan Lebaran 2024

  • Oleh : Naomy

Jum'at, 05/Apr/2024 23:26 WIB
VP Corporate Secretary KCI Anne Purba didampingi Corcom Eksternal KCI VP Corporate Secretary KCI Anne Purba didampingi Corcom Eksternal KCI

 

JAKARTA (BeritaTrans.com) – PT KCI menyampaikan, memasuki angkutan Lebaran Kereta Rel Listrik (KRL) atau Commuterline Jabodetabek akan tetap beroperasi normal, termasuk pada Hari Raya Idul fitri 1445 H dan akan mengoptimalkan layanan. 

Baca Juga:
Gempa Garut Magnitudo 6,5, KCIC Pastikan Operasional Whoosh Tetap Normal

KAI Commuter akan mengoperasikan KRL sesuai dengan hari kerja mulai pukul 04.00 Wib hingga 24.00 WIB.

"Selain itu, kami akan mengoperasikan perjalanan Commuter line Jabodetabek sebanyak 1.061 perjalanan per hari untuk seluruh lintas Jabodetabek," jelas VP Corporate Secretary KAI Commuter, Anne Purba di Jakarta, Jumat (5/4/2024).

Baca Juga:
Belum Layani Penumpang, Stasiun Whoosh Karawang Punya Peran untuk Pastikan Kelancaran Perjalanan

Dia menuturkan, tidak ada perubahan jadwal operasional Commuter line Jabodetabek saat libur lebaran ini hanya akan ada sedikit rekayasa perubahan jadwal menyesuaikan kondisi di lapangan

Dia mengemukakan, jumlah penumpang KRL juga terus meningkat hingga menyentuh 1juta per hari. Di libur lebaran ini diprediksi sedikitnya sebanyak 800ribu orang akan memanfaatkan angkutan KRL. 

Baca Juga:
Kecepatan Whoosh Dibatasi Gegara Hujan Lebat, Perjalanan Terlambat

Pihaknya memprediksi jumlah pengguna KRL Jabodetabek mencapai 16,4 juta pada periode angkutan Lebaran yang jatuh pada 5 April sampai 16 April 2024.

Angka ini naik sebesar 4 persen dari tahun 2023 yakni sebanyak 15,7 juta orang.

"Dengan prediksi lima stasiun yang akan dipadati oleh pengguna jasa antara lain Stasiun Bogor, Stasiun Tanah Abang, Stasiun Jakartakota, Stasiun Citayam dan Stasiun Bekasi," ungkapnya. 

Sedangkan untuk penumpang Commuter Line Bandara Soekarno-Hatta (Basoetta) juga diperkirakan mencapai 131.000 pada periode Lebaran Idul Fitri 2024. 

Angka ini naik sebesar 12 persen dibandingkan periode Lebaran 2023 yang mencapai 117.000 penumpang.

Sementara dari sisi keamanan dan keselamatan, KAI Commuter akan menyiagakan 5.000 lebih petugas yang terdiri dari petugas keamanan 3.603 orang (Pegawai Keselamatan & Keamanan, PAM Stasiun, PAM WALKA, BKO Marinir) ditambah 24 personel dari Kepolisian Metrojaya, Lebak dan Bogor.

"CCTV juga akan dioptimalkan, kami juga perlahan akan menambah CCTV di dalam rangkaian untuk kenyamanan penumpang," ungkap dia. 

Dia meyakini bahwa tindak kejahatan yang memungkinkan ada terus diminimalisir dengan adanya pemantauan yang ketat saat memasuki area stasiun. 

Selain itu, terdapat fasilitas tambahan pada masa angkutan lebaran Idulfitri 2024. 

Di antaranya penambahan fasilitas air minum gratis, pemasangan tenda di Stasiun Ancol, Stasiun Bekasi, Stasiun Bogor, Stasiun Tangerang, Stasiun Rangkasbitung, Stasiun Serang.

"Mengantisipasi kenaikan jumlah penumpang, kami juga akan menambah sejumlah toilet portable serta tematik Idulfitri 1445 H," tutup Anne.  (omy)