Pelindo Regional 2 Teluk Bayur Siap Layani Arus Mudik Lebaran Tahun 2024

  • Oleh : Ahmad

Sabtu, 06/Apr/2024 13:19 WIB
Foto:istimewa/Pelindo Regional 2 Teluk Bayur Foto:istimewa/Pelindo Regional 2 Teluk Bayur

PADANG (BeritaTrans.com) - Pelindo Regional 2 Teluk Bayur melakukan berbagai kesiapan dalam menyambut libur Lebaran 2024. Salah satunya adalah memaksimalkan terminal penumpang untuk kedatangan dan keberangkatan kapal.

Baca Juga:
Sukses Angkutan Laut Lebaran 2024, KSOP Utama Tanjung Priok Gelar Penutupan Posko Bersama Stakeholder di Terminal Penumpang Pelabuhan Tanjung Priok

Hal ini dilakukan sebagai bentuk antisipasi lonjakan penumpang yang diprediksi mengalami peningkatan dari tahun lalu, seiring dengan telah dicabutnya status pandemi nasional Covid-19 oleh pemerintah sejak akhir 2022.

"Kita pastikan semuanya aman, nyaman dan fasilitasnya mendukung. Dalam hal ini Pelindo menyiapkan terminal penumpang dengan fasilitas seperti mushola, toilet dan ruang tunggu, baik itu di pelabuhan Teluk Bayur maupun pelabuhan Muaro Padang," ungkap General Manager Regional 2 Teluk Bayur, Capt. Medi Kusmana.

Baca Juga:
Pangkalan PLP Tanjung Priok Gelar Apel Penutupan Posko Pengawasan dan Pengamanan Angkutan Lebaran 2024

Selain itu, fasilitas lainnya seperti loket penjualan tiket, tempat sampah, shuttle car untuk mengangkut penumpang yang akan datang dan pergi juga disiapkan. Untuk penjualan tiket sendiri, dibuka dari pagi sampai pukul 17.00 WIB.

Baca Juga:
H+12 Lebaran 2024, Pelindo Regional 4 Catat 667.012 Penumpang Naik dan Turun di Pelabuhan Timur Indonesia

Pelindo Regional 2 Teluk Bayur juga menjamin dan memastikan bahwa untuk pelayanan kapal dan pelayanan bongkar muat barang tetap dilakukan selama periode libur nasional, 24 jam sehari selama sepekan.

Persiapan lain yang dilakukan antara lain mengoptimalkan fasilitas naik dan turun penumpang, memperketat pengamanan dengan terus berkoordinasi aktif dengan seluruh pihak-pihak terkait.

Medi Kusmana mengatakan untuk kelancaran pelaksanaan pelayanan, ia beserta jajaran terus berkoordinasi dengan pihak-pihak terkait di Pelabuhan Teluk Bayur.

Koordinasi itu mencakup tim dari Kementerian Perhubungan, Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP), Lantamal II Padang dan Dinas Perhubungan Kota Padang.

Diketahui sebelumnya, Pelindo Regional 2 Teluk Bayur menyambut kunjungan Kepala Pusat (Kapus) Fasilitasi Kemitraan dan Kelembagaan International (FKKI), Fikry Cassidy bersama tim dalam rangka mengecek dan memastikan seluruh kesiapan fasilitas, peralatan, serta pelayanan yang diberikan Pelindo Regional 2 Teluk Bayur selama periode Idul Fitri 1445 H tanpa kendala.

Kunjungan tersebut dilakukan tiga hari sejak tanggal 3 hingga 5 April 2024. Dalam kunjungan ini, Kepala KSOP Chaerul Awaluddin beserta jajaran Manajemen Pelindo Regional 2 Teluk Bayur turut melakukan pendampingan serta presentasi.

"Kunjungan ini menindaklanjuti instruksi Menteri Perhubungan RI Nomor IM 4 Tahun 2024 tentang monitoring Penyelenggaraan Angkutan Lebaran Tahun 2024 (1445 Hijriah)," kata Medi Kusmana.(ahmad)