Hadapi Arus Balik Libur Lebaran, 37 Bandara Angkasa Pura Indonesia Siap Layani 24 Jam

  • Oleh : Naomy

Minggu, 14/Apr/2024 19:26 WIB
Bandara Angkasa Pura Indonesia Bandara Angkasa Pura Indonesia


JAKARTA (BeritaTrans.com) - PT Angkasa Pura Indonesia (InJourney Airports) menyatakan 37 bandara yang dikelola perusahaan siap melayani 24 jam untuk menghadapi arus balik lebaran yang puncaknya diprediksi, Senin (15/4/2024). 

Direktur Utama InJourney Airports Faik Fahmi mengatakan, selama periode Posko Lebaran, terdapat enam bandara yang telah beroperasi selama 24 jam yakni Bandara I Gusti Ngurah Rai Bali, Bandara Sultan Hasanuddin Makassar, Bandara Sam Ratulangi Manado, Bandara Soekarno-Hatta Cengkareng, Bandara Kuala Namu Medan, dan Bandara Halim Perdanakusuma Jakarta. 

Baca Juga:
Bandara Soekarno-Hatta, Juanda, dan Adi Soemarmo Layani Calon Jemaah Haji melalui Makkah Route

Meski begitu, bandara-bandara lainnya tetap standby untuk beroperasi selama seharian penuh. 

“Kami telah memproyeksikan trafik di setiap bandara untuk periode Posko Lebaran 2024, begitu juga dengan persiapan enam bandara yang beroperasi selama 24 jam. Meski begitu bandara-bandara lainnya tetap bersiaga dan terbuka untuk beroperasi 24 jam sesuai dengan permintaan dari operator penerbangan, terutama untuk menghadapi arus balik yang diprediksi puncaknya akan berlangsung besok,” urai Faik, Ahad (14/4/2024). 

Baca Juga:
Lewat Program APEX in Safety, ACI dan Bandara Soekarno-Hatta Tingkatkan Standar Keselamatan

InJourney Airports mencatat telah melayani sebanyak 5,14 juta penumpang selama periode Posko Lebaran pada 3-13 April 2024. 

Jumlah tersebut tumbuh 7,5% dibandingkan periode yang sama pada Posko Lebaran 2023 mencapai 4,78 juta penumpang. 

Baca Juga:
13 Bandara InJourney Airports Dukung Kelancaran Angkutan Haji 2024

Pada puncak arus balik yang diprediksi pada Senin (15/4) besok, InJourney Airports memperkirakan terdapat 611.882 pergerakan penumpang, 4.188 pergerakan pesawat, dan 3.534 ton pergerakan kargo.

“Kami akan memberikan layanan yang terbaik di seluruh bandara yang kami kelola agar Posko Lebaran 2024 kali ini dapat berjalan aman dan nyaman bagi seluruh pengguna jasa bandara dan stakeholder terkait,” tutup Faik. (omy)