Patroli Laut Satpolairud Polres Kepulauan Seribu Berikan Himbauan Keselamatan kepada Nelayan

  • Oleh : Ahmad

Minggu, 21/Apr/2024 18:51 WIB
Foto:istimewa/polreskepulauanseribu Foto:istimewa/polreskepulauanseribu

Jakarta (BeritaTrans.com) - Patroli Satuan Polisi Perairan dan Udara (Satpolairud) Polres Kepulauan Seribu melalui Kapal Patroli KP. VII - 40 - 203 melakukan kegiatan patroli laut dialogis di wilayah perairan Kepulauan Seribu pada Minggu (21/04/2024).

Dalam kegiatan tersebut, diberikan himbauan kepada nelayan mengenai keselamatan dan pentingnya menggunakan life jacket.

Baca Juga:
Bhabinkamtibmas dan Babinsa Pulau Pramuka Bersinergi Menjaga Kamtibmas Pasca Pemilu 2024

Kasat Polairud Polres Kepulauan Seribu, AKP Dasiman, menyampaikan pesan kepada nelayan agar selalu memprioritaskan keselamatan diri dan keluarga saat beraktivitas di laut. "Kami mengingatkan kepada seluruh nelayan untuk selalu menggunakan life jacket saat berada di perairan, karena hal ini dapat menjadi faktor penentu dalam menyelamatkan nyawa dalam situasi darurat," ujar AKP Dasiman.

Selain memberikan himbauan keselamatan, patroli ini juga merupakan upaya antisipasi terhadap tindak kejahatan di laut, termasuk penanggulangan ilegal fishing. AKP Dasiman menekankan pentingnya melaporkan setiap kejadian yang mencurigakan kepada pihak kepolisian. "Kami mengajak masyarakat untuk turut serta dalam menjaga keamanan laut dengan melaporkan setiap aktivitas yang mencurigakan, terutama terkait ilegal fishing," tambahnya.

Baca Juga:
Bhabinkamtibmas Pulau Untung Jawa Adakan Cooling System dalam Subuh Keliling

Dalam menjalankan kegiatan patroli laut, Satpolairud juga mengingatkan untuk selalu waspada terhadap cuaca buruk. Mereka menyarankan agar setiap kapal selalu menyediakan Alat Pemadam Api Ringan (APAR) sebagai langkah pencegahan kebakaran yang dapat terjadi di atas kapal.

Tak hanya itu, patroli ini juga bertujuan untuk menciptakan kondisi keamanan dan ketertiban masyarakat (kamtibmas) yang aman dan kondusif di Kepulauan Seribu. Satpolairud juga menyosialisasikan nomor call centre POLRI 110 sebagai sarana pengaduan dan informasi kepolisian yang dapat diakses oleh masyarakat.

Baca Juga:
Patroli Laut Dialogis Satpolairud Polres Kepulauan Seribu: Himbauan Keselamatan dan Pencegahan Kejahatan di Laut

Dengan adanya patroli laut dan sosialisasi yang dilakukan oleh Satpolairud, diharapkan wilayah perairan Kepulauan Seribu tetap menjadi tempat yang aman, nyaman, dan ramah bagi para nelayan dan wisatawan yang berkunjung.(ahmad)