Patroli Laut Dialogis Satpolairud Polres Kepulauan Seribu: Keselamatan Nelayan dan Antisipasi Kejahatan di Perairan Kepulauan Seribu

  • Oleh : Ahmad

Senin, 22/Apr/2024 13:18 WIB
foto:humaspolreskepulauanseribu foto:humaspolreskepulauanseribu

Jakarta (BeritaTrans.com) - Patroli laut yang dilakukan oleh Satpolairud Polres Kepulauan Seribu menggunakan Kapal Patroli KP. VII - 40 - 203 berlangsung dengan penuh kegiatan dialogis di wilayah perairan Kepulauan Seribu pada Senin (22/04/2024).

Kegiatan ini tidak hanya bertujuan untuk mengantisipasi tindak kejahatan di laut, tetapi juga memberikan himbauan penting terkait keselamatan kepada para nelayan yang beraktivitas di perairan tersebut.

Baca Juga:
Upacara Hari Kebangkitan Nasional Polres Kepulauan Seribu Berlangsung Khidmat dan Lancar

Kasat Polairud Polres Kepulauan Seribu, AKP Dasiman, menyampaikan bahwa selama patroli, nelayan diberikan himbauan tentang pentingnya menggunakan life jacket atau rompi pelampung untuk keselamatan mereka sendiri saat berada di laut. Himbauan ini merupakan upaya preventif untuk mengurangi risiko kecelakaan laut yang bisa terjadi kapan saja.

Selain itu, patroli ini juga dilakukan untuk mengantisipasi tindak kejahatan di laut, termasuk praktek illegal fishing yang merugikan sumber daya laut dan mata pencaharian nelayan lokal. AKP Dasiman menegaskan pentingnya melaporkan setiap kejadian ilegal fishing kepada pihak kepolisian agar tindakan dapat segera diambil untuk menanggulangi masalah tersebut.

Baca Juga:
Bhabinkamtibmas Pulau Kelapa Lakukan Sambang Warga untuk Cooling System Pasca Pemilu 2024

Para nelayan juga diingatkan untuk selalu waspada terhadap cuaca buruk yang dapat mengancam keselamatan mereka. Himbauan juga diberikan agar mereka selalu menyediakan APAR (Alat Pemadam Api Ringan) sebagai langkah pencegahan dalam menghadapi kondisi darurat di laut.

Lebih lanjut, AKP Dasiman menekankan pentingnya menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat (kamtibmas) agar wilayah perairan Kepulauan Seribu tetap aman dan kondusif. Hal ini tidak hanya penting untuk kegiatan nelayan, tetapi juga untuk menciptakan kenyamanan bagi wisatawan yang berkunjung ke Kepulauan Seribu.

Baca Juga:
Patroli Satpolairud Polres Kepulauan Seribu Gelar Patroli Laut Dialogis untuk Keselamatan dan Keamanan

Selama patroli, Satpolairud Polres Kepulauan Seribu juga melakukan sosialisasi tentang nomor call center POLRI 110 kepada masyarakat. Langkah ini bertujuan untuk memudahkan masyarakat dalam melaporkan kejadian atau situasi darurat kepada pihak kepolisian.

Dengan adanya patroli laut dialogis ini, diharapkan kesadaran akan keselamatan di laut meningkat di kalangan nelayan dan keamanan di wilayah perairan Kepulauan Seribu tetap terjaga dengan baik.(ahmad)