Daop 1 Jakarta Sukses Berangkatkan Lebih 827 Ribu Penumpang KAJJ Selama Angkutan Lebaran 2024

  • Oleh : Fahmi

Senin, 22/Apr/2024 14:13 WIB
Foto:Istimewa Foto:Istimewa

JAKARTA (BeritaTrans.com) - Selama masa Angkutan Lebaran 2024, sejak 31 Maret hingga 21 April 2024, PT KAI Daop 1 Jakarta sukses memberangkatkan 827 ribu lebih penumpang Kereta Api Jarak Jauh (KAJJ).

Manager Humas KAI Daop 1 Jakarta Ixfan Hendriwintoko mengatakan ratusan ribu pemudik itu berangkat melalui Stasiun Gambir, Pasar Senen, Jatinegara, Jakarta Kota, Bekasi, Cikarang, Karawang dan Cikampek.

Baca Juga:
Sambut Hari Raya Idul Adha 1445 H, KAI Daop 1 Jakarta Salurkan 11 Ekor Sapi Kurban

"391 ribu penumpang berangkat dari stasiun Pasar Senen, 261 ribu penumpang berangkat dari  Stasiun Gambir, dan lebih dari 174 ribu penumpang berangkat dari beberapa stasiun wilayah Daop 1 Jakarta lainnya seperti Bekasi, Cikarang, Karawang, Cikampek, Jakarta Kota dan Jatinegara," beber Ixfan, Senin (22/4/2024).

Ixfan juga menyatakan, adanya peningkatan jumlah penumpang KA pada masa angkutan Lebaran tahun inj.

Baca Juga:
Aksi Vandalisme di Gerbong Kereta, KAI Daop 1 Jakarta, Akan Tindak Tegas Pelaku

"Peningkatan volume penumpang berangkat menggunakan KAJJ di area Daop 1 pada masa angkutan lebaran mulai terjadi sejak 3 hingga 11April 2024 dengan rata-rata volume penumpang berangkat sekitar 43 ribu sampai dengan 48 ribu per hari," ujarnya.

Dikatakan Ixfan, saat masa Angkutan Lebaran mayoritas pemesanan tiket KA Jarak Jauh dilakukan untuk jadwal keberangkatan pada tanggal favorit, yakni pada 4 sampai dengan 10 April 2024. Berdasarkan data tiket terjual pada tanggal-tanggal tersebut tingkat okupansi volume penumpang mudik Lebaran sudah mencapai hingga 100 persen dengan volume penumpang berangkat tertinggi atau puncak arus mudik tercatat pada tanggal 4 sampai dengan 10 April. Tingkat okupansi atau keterisian tempat duduk pada tanggal tersebut mencapai lebih dari 100 persen.

Baca Juga:
Ada Aksi di Monas, 5 Jadwal KAJJ dari Gambir Diberangkatan juga di Stasiun Jatinegara

Adapun sejumlah kota tujuan yang menjadi pilihan favorit, di antaranya Yogyakarta, Surabaya, Purwokerto, Kutoarjo, Semarang, Tegal, Solo, dan Bandung.

"Secara keseluruhan situasi arus mudik dan arus balik dari area Daop 1 Jakarta terpantau lancar dan kondusif serta seluruh perjalanan KA berlangsung lancar, aman, selamat dan tepat waktu," kata Ixfan.

Pada masa angkutan lebaran 2024 mulai 31 Maret (H-10) hingga 21 April (H+10) secara total PT KAI Daop 1 Jakarta menyiapkan 1.693 perjalanan KA Jarak Jauh untuk keberangkatan dari Stasiun Gambir dan PasarSenen. 

"Dari jumlah tersebut sudah termasuk perjalanan KA Tambahan sebanyak 395 KA untuk sejumlah perjalanan relasi favorit seperti tujuan Yogyakarta, Semarang, Solo, Blitar, Surabaya dan Malang," jelas Ixfan.(fhm)