Ada Ruang Parkir di Dekat Stasiun MRT Bundaran HI, Ini Rancangannya!

  • Oleh : Fahmi

Rabu, 15/Mei/2024 17:18 WIB
Foto:Istimewa Foto:Istimewa

JAKARTA (BeritaTrans.com) - Bagi pengendara motor tak perlu lagi pusing ketika ingin memarkirkan kendaraannya di sekitar Stasiun MRT Bundaran HI. 

Sebab, akan segera dibangun area parkir kendaraan motor di area Kebon Kacang, Tanah Abang, Jakarta Pusat yang masih bagian dari kawasan Transit Oriented Development (TOD) Bundaran HI.

Hal itu ditandai dengan penandatanganan perjanjian kerja sama antara Direktur Utama PT Integrasi Transit Jakarta (ITJ), Yulham Ferdiansyah Roestam dan Direktur Utama PT Solusi Parkir Nusantara (Soul Parking), Andru Surya Wijaya Jo pada Selasa (7/5/2024) lalu.

"Kolaborasi yang terjalin antara PT ITJ dan Soul Parking ini harapannya dapat berjalan secara berkelanjutan. Soul Parking mengambil peran sebagai pengembang ekosistem smart city, yang mana selaras dengan PT ITJ yang juga mengembangkan kota dengan pendekatan city regeneration. Kami berharap, dengan adanya kolaborasi ini Soul Parking dapat berkontribusi positif dalam pengembangan ekosistem smart city yang dibangun oleh PT ITJ dan MRTJ di Kota Jakarta" ujar Bapak Andru Surya Wijaya Jo, Direktur Utama Soul Parking dalam keterangannya, dikutip Selasa (14/5/2024).

Soul Parking menawarkan efisiensi lahan parkir motor lewat pemanfaatan ruang penyimpanan kompatibel berbentuk vertikal yang disebut Compact Motorcycle Storage (CMS). Kehadiran Soul Parking menjadi salah satu solusi untuk penataan parkir khusus motor di perkotaan, di mana lahan yang minim bisa dimanfaatkan sebagai parkir susun yang bisa diakses via aplikasi mobile yang terintegrasi.

Aplikasi tersebut memudahkan masyarakat untuk melakukan pemesanan tempat parkir lebih dulu (reservasi), check-out lebih awal, pembayaran digital, dan kini layanan di lokasi, seperti pengisian daya kendaraan listrik.

"Saya percaya bahwa bisnis yang selaras dengan kebutuhan masyarakat dapat berjalan secara berkelanjutan. Hal ini yang mendorong PT ITJ untuk berkolaborasi dengan Soul Parking dalam mengembangkan modul parkir yang dapat membangun ekosistem transportasi dengan kawasan yang terintegrasi," kata Yulham Ferdiansyah Roestam, Direktur Utama PT ITJ.

"Kolaborasi ini harapannya dapat mendorong budaya baru bagi masyarakat, khususnya yang menggunakan kendaraan roda dua, agar parkir di satu titik, kemudian melanjutkan perjalanan menggunakan transportasi publik. Dimulai dari proyek pertama di Kebon Kacang, kita mendorong kolaborasi ini berjalan secara berkelanjutan agar menciptakan manfaat yang lebih besar bagi masyarakat," pungkasnya.

PT ITJ sebagai perusahaan pertama yang melaksanakan pembangunan pada kawasan TOD di Indonesia. Melalui kolaborasi ini, diharapkan dapat mengoptimalkan potensi titik parkir terintegrasi sebagai salah satu upaya pengembangan kawasan dengan pendekatan city regenerator.

Selain itu, pengembangan area parkir ini sebagai salah satu upaya pendukung aktivitas kawasan dan pergerakan transit di Kawasan TOD Bundaran HI serta menjadi solusi untuk penataan pada lahan yang minim dan peningkatan keamanan parkir di kota.(fhm)