Ditjen Hubud Pastikan Layanan Angkutan Udara Haji Berjalan Lancar

  • Oleh : Naomy

Sabtu, 18/Mei/2024 05:14 WIB
Petugas bantu jemaah haii saat hendak naik pesawat Petugas bantu jemaah haii saat hendak naik pesawat

 

SOLO (BeritaTrans.com) - Direktorat Jenderal Perhubungan Udara (Ditjen Hubud) Kementerian Perhubungan melalui Kantor Otoritas Bandar Udara Wilayah III Surabaya memastikan keberangkatan angkutan udara haji melalui Bandara Adi Sumarmo Solo di Kabupaten Boyolali, Jawa Tengah telah memenuhi seluruh aspek keamanan dan keselamatan penerbangan melalui monitoring dan ramp check di lapangan. 

Baca Juga:
Gandeng Forkopimda Jateng, D.I. Yogyakarta dan Jatim, Ditjen Hubud Kampanye Keselamatan Penerbangan

"Melalui serangkaian monitoring dan ramp check yang telah dilakukan sejak sebelum pelaksanaan angkutan Haji, para inspektur dari Ditjen Hubud memastikan bahwa semua protokol kesalamatan dan keamanan telah dipatuhi dengan ketat oleh semua pihak terkait, termasuk maskapai penerbangan dan penyelenggara bandara," jelas Kepala Kantor Otoritas Bandar Udara (OBU) Wilayah III Surabaya, Rizal, Kamis (16/5/2024).

Rizal melakukan peninjauan secara langsung terkait kesiapan operasional Angkutan Udara Haji di Bandara Adi Sumarmo, yang merupakan salah satu dari tiga bandara embarkasi haji di wilayah kerja OBU III Surabaya.

Baca Juga:
Penumpang Periode Libur Nataru di Bandara Angkasa Pura II Nyaris Tembus 2 Juta

"Sebelum angkutan haji dimulai, kami telah mengirimkan inspektur angkutan udara, kelaikudaraan dan pengoperasian pesawat udara untuk memastikan aspek keselamatan dan keamanan telah terpenuhi serta memantau kelancaran jadwal penerbangan, pelayanan dan kesiapan operasional pesawat selama periode angkutan haji ini," katanya.

Berdasarkan data yang diterima, angkutan udara Haji embarkasi Bandara Adi Soemarmo dijadwalkan akan memberangkatkan 100 kloter jemaah. Sebanyak 32.059 jemaah dari Jawa Tengah dan 3.329 jemaah dari Daerah Istimewa Yogyakarta serta didampingi 500 petugas haji.

Baca Juga:
Bandara Soekarno-Hatta Dukung Penuh KTT ke-43 ASEAN di Jakarta

Rizal menambahkan, mulai tahun ini di embarkasi Solo dan Surabaya sudah menyediakan Mecca Route yaitu imigrasi dari Pemerintah Saudi Arabia yang berada di Indonesia guna mempercepat proses administrasi keimigrasian, sehingga para jemaah haji yang tiba di Saudi Arabia dapat langsung menuju ke hotel untuk beristirahat.

“Walaupun kita memiliki keterbatasan dikarenakan Mecca Route merupakan teritori kedaulatan Saudi Arabia, tentu koordinasi tetap dilakukan dan kita diberikan kesempatan untuk melakukan supervisi melalui inspektur yang kita kirim untuk melakukan review terhadap pelayanannya, contohnya seperti memastikan suhu ruangan yang nyaman bagi para jemaah haji,” ujar dia.

Keberhasilan penyelenggaraan keberangkatan angkutan udara haji ini tidak terlepas dari kerja sama yang erat antara semua pihak terkait. Direktorat Jenderal Perhubungan Udara mengucapkan apresiasi yang tinggi kepada seluruh tim yang terlibat dalam proses persiapan dan pelaksanaan, sehingga pelayanan dan proses keberangkatan bisa berjalan lancar sampai kloter terakhir.

Rizal memastikan bahwa keselamatan, keamanan dan kenyamanan penerbangan termasuk Angkutan Udara Haji, tetap menjadi prioritas utama dari Direktorat Jenderal Perhubungan Udara. 

"Kami akan terus melakukan pengawasan dan peningkatan terhadap aspek keselamatan, keamanan, serta pelayanan penerbangan, sehingga setiap operasi penerbangan, khususnya Angkutan Udara Haji dapat berlangsung dengan selamat, aman, dan nyaman," tutupnya. (omy)