Patroli Satpolairud Polres Kepulauan Seribu Gelar Patroli Laut Dialogis untuk Keselamatan dan Keamanan

  • Oleh : Ahmad

Senin, 20/Mei/2024 12:22 WIB
Foto istimewa/polreskepulauanseribu Foto istimewa/polreskepulauanseribu

Jakarta (BeritaTrans.com) - Satpolairud Polres Kepulauan Seribu melaksanakan giat patroli laut dialogis dengan menggunakan Kapal Patroli KP. VII - 40 - 203 di wilayah perairan Kepulauan Seribu pada Senin, 20 Mei 2024.

Patroli ini bertujuan untuk memberikan himbauan kamtibmas kepada warga dan nelayan terkait keselamatan berlayar dan pencegahan tindak kejahatan di laut.

Baca Juga:
Sambut HUT ke-78 Bhayangkara, Polres Kepulauan Seribu Gelar Aksi Bersih-Bersih dan Bagikan Sembako

Patroli dipimpin oleh Kasat Polairud Polres Kepulauan Seribu, AKP Dasiman, yang memberikan arahan langsung kepada warga dan nelayan mengenai pentingnya menggunakan life jacket saat berlayar. Selain itu, AKP Dasiman juga mengingatkan untuk selalu memeriksa kondisi cuaca sebelum melaut dan memastikan peralatan keselamatan dalam kondisi baik.

Selama patroli, AKP Dasiman menyampaikan pesan penting tentang larangan keras terhadap praktik ilegal fishing, seperti penggunaan potasium dan bahan peledak untuk menangkap ikan. "Kami mengimbau para nelayan untuk tidak menggunakan cara-cara ilegal dalam menangkap ikan. Selain merusak ekosistem laut, tindakan ini juga melanggar hukum dan bisa berakibat fatal bagi keselamatan Anda sendiri," ujar AKP Dasiman.

Baca Juga:
Bhabinkamtibmas Pulau Untung Jawa Sosialisasikan Keamanan dan Pencegahan Hoax ke Warga

Patroli laut dialogis ini juga bertujuan untuk mengantisipasi tindak kejahatan di laut, seperti pencurian ikan, penyelundupan, dan kejahatan lainnya. Dengan adanya kehadiran patroli laut, diharapkan dapat memberikan rasa aman kepada masyarakat dan nelayan di wilayah perairan Kepulauan Seribu.

Warga dan nelayan menyambut baik patroli ini dan mengapresiasi upaya Satpolairud Polres Kepulauan Seribu dalam menjaga keamanan dan keselamatan di laut. Mereka berkomitmen untuk mematuhi aturan yang disampaikan dan berjanji akan melaporkan jika menemukan aktivitas mencurigakan atau pelanggaran hukum di laut.

Baca Juga:
Bhabinkamtibmas Pulau Pramuka Sosialisasikan Keamanan dan Pencegahan Judi Online kepada Warga

Kegiatan patroli laut dialogis ini merupakan bagian dari upaya Polres Kepulauan Seribu dalam menjaga ketertiban dan keamanan di wilayah perairan, serta memberikan edukasi kepada masyarakat mengenai pentingnya keselamatan berlayar dan kelestarian lingkungan laut.(ahmad)