KPLP Bekali Keterampilan Menembak Para Awak Kapal Patroli

  • Oleh : Naomy

Senin, 20/Mei/2024 14:26 WIB
Bimtek pelatihan Tembak awak kapal Bimtek pelatihan Tembak awak kapal


JAKARTA (BeritaTrans.com) -  Meningkatkan dan memperluas wawasan bagi Awak Kapal Negara Patroli Kesatuan Penjagaan Laut dan Pantai (KPLP), Kementerian Perhubungan cq Direktorat Jenderal Perhubungan Laut melalui Direktorat Kesatuan Penjagaan Laut dan Pantai (KPLP) membekali petugas Awak Kapal Negara Patroli dengan keterampilan menembak. 

Hal tersebut disampaikan Direktur KPLP Jon Kenedi saat membuka acara Bimbingan Teknis (Bimtek) Keterampilan Menembak Bagi Awak Kapal Negara Patroli KPLP di Jakarta, Senin (20/5/2024).

Baca Juga:
Kemenhub Bersama U.S. Embassy Gelar Maritim Security Exercise & Workshop Port Visit

"Peningkatan keterampilan menembak adalah kompetensi yang diperlukan oleh Awak Kapal Negara Patroli KPLP, karena pada keahlian tersebut memerlukan proses energi seseorang serta menentukan tindakan dengan tingkat emosional yang stabil," jelas Jon. 

Pelatihan keterampilan menembak dibimbing para instruktur dengan melalui prosedur-prosedur, sehingga diharapkan para Awak Kapal Negara Patroli KPLP agar dapat mengikuti pelatihan ini  dengan sebaik-baiknya. 

Baca Juga:
Tim KPLP Amankan Kapal SV. Avatar Courage dari Perampokan di Perairan Batu Ampar Batam

Hal tersebut juga untuk meningkatkan wawasan tentang pengendalian diri, tidak emosional dan selalu waspada dalam bertindak, serta memperbarui tentang tata cara merawat dan menyimpan Senjata Api Dinas.

Kegiatan Bimbingan Teknis (Bimtek) tersebut berlangsung selama tiga hari pada 20-22 Mei 2024, yang dibimbing oleh para instruktur dari Pusat Pendidikan Polisi Air dan Udara, Pondok Dayung, Tanjung Priok. 

Baca Juga:
Direktur KPLP Lepas KN Trisula P.111 untuk Ikuti Marpolex Exercise di Filipina

Peserta yang hadir terdiri dari Awak Kapal Negara Patroli KPLP yang telah mengikuti Familiarisasi Senjata Api Dinas (SB2-V2) Tahun 2023 di PT. Pindad (Persero) Bandung yang berjumlah 36 orang.

Awak Kapal Negara Patroli KPLP dalam menjalankan tugas di lapangan, melakukan pengawasan keamanan serta keselamatan dunia pelayaran, telah diatur dalam Peraturan Menteri Perhubungan Nomor 111 Tahun 2017 tentang Tata Kelola Senjata Api Dinas di Lingkungan Direktorat Jenderal Perhubungan Laut.

Jon mengatakan, kegiatan Bimtek ini dapat melatih kedisiplinan, ketenangan, kesabaran dan fokus, untuk menentukan suatu keputusan yang tepat.

Oleh karena itu, disampaikan kepada peserta agar menggunakan kesempatan untuk mengikuti pembelajaran dengan sebaik-baiknya, sehingga tidak ketinggalan ilmu pengetahuan tentang tata cara teknik membidik dan menembak, serta merawat dan menyimpan Senjata Api Dinas dengan benar.

"Besar harapan saya, dengan adanya kegiatan Keterampilan Menembak ini, Awak Kapal Negara Patroli KPLP menjadi lebih percaya diri dalam melaksanakan tugas dilapangan, yaitu melakukan pengawasan keamanan dan keselamatan pada alur Pelayaran," tutup Jon. (omy)