Indonesia Tuan Rumah Forum Sistem Transportasi Cerdas Asia Pasifik

  • Oleh : Redaksi

Selasa, 21/Mei/2024 20:48 WIB
Konperensi pers jelang Forum Transportasi Cerdas Konperensi pers jelang Forum Transportasi Cerdas


JAKARTA (BeritaTrans.com) - Indonesia siap menjadi tuan rumah Forum Sistem Transportasi Cerdas Asia Pasifik atau The 19th Intelligent Transport System (ITS) Asia Pacific Forum pada 28 hingga 30 Mei 2024. 

Forum dua tahunan tersebut Mengambil tema “Transformation Towards A Sustainable and Intelligent Urban Mobility”.

Baca Juga:
Menhub Naik Transjakarta, Dorong Daerah Tingkatkan Transportasi Umum

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengatakan, forum ini bertujuan mempertemukan dan memberi ruang kepada stakeholders, experts, pemangku kebijakan, dan industri. 

"Forum ini juga berguna sebagai tempat pengembang teknologi saling bertukar ide, berbagi inovasi, serta mendiskusikan kemajuan terbaru dalam ITS," ujarnya.

Baca Juga:
Sidak Bus Pariwisata di Ragunan, Menhub Temukan Armada Tidak Laik Operasi

Pada pertemuan ini akan dilakukan pertukaran pengetahuan, berbagi pengalaman, praktik, dan pelajaran terkait penerapan ITS di negara-negara Asia Pasifik.

Termasuk mengeksplorasi mekanisme pendanaan dan investasi dalam penerapan ITS di Asia Pasifik untuk mewujudkan sistem transportasi yang berkelanjutan.

Baca Juga:
Kemenhub Dukung Penyediaan Kendaraan Listrik di Kawasan IKN

Menhub mengatakan, penerapan ITS melalui transformasi bidang transportasi menjadi prioritas pemerintah Indonesia. 

"Hal tersebut untuk mewujudkan sistem transportasi berkelanjutan yang didukung teknologi cerdas, juga sejalan dengan visi pemerintah menuju Indonesia Emas Tahun 2045 yaitu mewujudkan penurunan intensitas emisi gas rumah kaca dan net zero emission," kata dia. 

Salah satu langkah perwujudan tersebut adalah dengan pembangunan Kalimantan Timur sebagai Ibu Kota Negara (IKN), yang didesain dengan penerapan transportasi dan mobilitas cerdas serta ramah lingkungan.

IKN diharapkan menjadi pionir kota berbasis transportasi cerdas, terintegrasi dan berkelanjutan, melalui penerapan sistem Area Traffic Control, Electronic Toll Collection, Bus Rapid Transit, dan Autonomous-Rail Rapid Transit.

Forum Sistem Transportasi Cerdas Asia Pasifik akan diikuti menteri transportasi atau perwakilan dari negara-negara kawasan Asia Pasifik, duta besar negara asing di Jakarta, pimpinan BUMN dan BUMD, kepala daerah, pimpinan organisasi internasional, serta pimpinan sektor swasta. 

Adapun rangkaian acara yang digelar antara lain Opening Ceremony, High Level Roundtable, Plenary Session, High-Level Panel, Special Interest Session, Exhibition, Technical Tour, serta Gala Dinner. 

Presiden ITS Indonesia William Sabandar mengatakan, forum ini akan meluncurkan "Jakarta Initiative on Sustainable and Intelligent Urban Mobility".

Ini merupakan kerja sama antarpemangku kepentingan dunia usaha dalam negeri yang diwakili Kadin Indonesia, asosiasi transportasi yang diwakili ITS Indonesia dan ITS Asia Pacific, juga aliansi masyarakat sipil global yang diwakili the 5P Global Movement. 

“Forum ini harus menjadi momentum bagi pemangku kepentingan transportasi di Indonesia untuk terus melakukan transformasi ke arah yang lebih baik. Inisiatif ini juga menandakan langkah konkret dari pernyataan bersama yang disepakati yaitu percepatan pengembangan dan penerapan solusi ITS di Indonesia, untuk membuka jalan bagi pembangunan transportasi yang lebih berkelanjutan dan efisien,” beber William.

Turut hadir sebagai nara sumber pada kegiatan tersebut Staf Khusus Menteri Perhubungan Bidang SDM dan Kehumasan Adita Irawati, Kepala Pusat Fasilitasi Kemitraan dan Kelembagaan Internasional Kemenhub Fikry Cassidy, serta Sesditjen Perhubungan Darat Amirullah. (omy)