Kapal Patroli KP. VII - 40 - 203 Polres Kepulauan Seribu Melakukan Patroli Laut Dialogis

  • Oleh : Ahmad

Rabu, 22/Mei/2024 13:29 WIB
Foto istimewa/polreskepulauanseribu Foto istimewa/polreskepulauanseribu

Jakarta (BeritaTrans.com) - Kapal Patroli KP. VII - 40 - 203 dari Satuan Polisi Air dan Udara (Satpolairud) Polres Kepulauan Seribu melaksanakan kegiatan patroli laut dialogis di wilayah perairan Kepulauan Seribu pada Rabu (22/05/2024).

Dalam patroli tersebut, petugas memberikan himbauan kamtibmas kepada warga dan nelayan seputar keselamatan berlayar serta pentingnya penggunaan life jacket.

Baca Juga:
Sambut HUT ke-78 Bhayangkara, Polres Kepulauan Seribu Gelar Aksi Bersih-Bersih dan Bagikan Sembako

Kasat Polairud Polres Kepulauan Seribu, AKP Dasiman, menyampaikan himbauan kepada masyarakat untuk menjaga keselamatan saat berlayar dengan menggunakan life jacket. Selain itu, AKP Dasiman juga mengingatkan nelayan tentang larangan keras terhadap praktik illegal fishing dan penggunaan bahan berbahaya seperti potasium dan bahan peledak untuk menangkap ikan. "Kami menghimbau kepada seluruh nelayan dan masyarakat yang beraktivitas di perairan Kepulauan Seribu untuk tidak menggunakan potasium dan bahan peledak dalam menangkap ikan, karena hal ini dapat merusak ekosistem laut dan membahayakan keselamatan," ungkap AKP Dasiman.

Dalam kesempatan tersebut, petugas juga mengingatkan masyarakat untuk selalu waspada terhadap cuaca buruk dan menyiapkan life jacket serta alat pemadam kebakaran ringan (APAR) saat berlayar. "Kami mengajak seluruh masyarakat yang beraktivitas di laut untuk selalu waspada terhadap perubahan cuaca yang bisa berpotensi membahayakan keselamatan," tambah AKP Dasiman.

Baca Juga:
Bhabinkamtibmas Pulau Untung Jawa Sosialisasikan Keamanan dan Pencegahan Hoax ke Warga

Selain memberikan himbauan terkait keselamatan berlayar, patroli laut dialogis ini juga bertujuan untuk melakukan antisipasi terhadap tindak kejahatan di laut. Petugas Patroli Satpolairud Polres Kepulauan Seribu siap bertindak cepat jika terjadi kejadian yang memerlukan penanganan dari pihak kepolisian.

Dalam rangka meningkatkan keterlibatan masyarakat dalam menjaga keamanan dan ketertiban di perairan, AKP Dasiman juga mensosialisasikan call centre POLRI 110 kepada seluruh warga. Layanan ini diharapkan dapat memudahkan masyarakat dalam melaporkan kejadian-kejadian yang memerlukan penanganan dari pihak kepolisian.

Baca Juga:
Bhabinkamtibmas Pulau Pramuka Sosialisasikan Keamanan dan Pencegahan Judi Online kepada Warga

Dengan giat patroli laut dialogis seperti ini, Satpolairud Polres Kepulauan Seribu berharap dapat menciptakan lingkungan perairan yang aman, kondusif, dan nyaman bagi seluruh masyarakat serta menjamin keselamatan mereka saat beraktivitas di laut.(ahmad)