Antisipasi Lonjakan pada Libur Panjang Waisak, KAI Commuter Tambah 6 Perjalanan KRL Yogyakarta-Palur

  • Oleh : Redaksi

Rabu, 22/Mei/2024 16:04 WIB
Foto:Istimewa Foto:Istimewa

YOGYAKARTA (BeritaTrans.com) - KAI Commuter kembali mengoperasikan enam perjalanan tambahan KRL atau Commuter Line Yogyakarta-Palur mulai Kamis (23/5) hingga Ahad (26/5). Hal itu merespons kebutuhan warga di masa libur panjang Hari Raya Waisak.

VP Corporate Secretary KAI Commuter Anne Purba pada Rabu (22/5/2024) menjelaskan penambahan perjalanan ini sebagai upaya mengantisipasi kenaikan pengguna Commuter Line Yogyakarta. Pasalnya, pada hari libur dipastikan akan lebih ramai dibandingkan hari biasanya.

Baca Juga:
KAI Commuter Layani Lebih 303 Ribu Lebih Penumpang KRL saat Akhir Pekan

Pada libur panjang ini KAI Commuter memprediksi adanya 100 – 130 Ribu pengguna yang akan menggunakan Commuter Line Yogyakarta dengan volume terbanyak pada awal libur Kamis, (23/5) dan akhir libur panjang pada Ahad (26/5).

"Praktis, total perjalanan Commuter Line Yogyakarta-Palur sebanyak 30 perjalanan per harinya, lebih banyak dibandingkan hari kerja yang mencapai 24 perjalanan," kata VP Corporate Secretary KAI Commuter Anne Purba pada Rabu (22/5/2024).

Baca Juga:
Penumpang KRL Jabodetabek Capai 2,5 Juta Lebih pada Masa Libur Idul Adha 2024

KAI Commuter tetap mengoperasikan 15 perjalanan dari Stasiun Palur menuju Stasiun Yogyakarta mulai pukul 04.55 hingga pukul 20.53 WIB. Di samping, ada 15 perjalanan dari Stasiun Yogyakarta menuju Stasiun Palur mulai pukul 05.30 hingga pukul 22.35 WIB. Sedangkan Commuter Line Prameks tetap mengoperasikan sebanyak 8 perjalanan tiap harinya mulai pukul 05.25 – 17.50 WIB.

Sepanjang Mei 2024 ini, terpantau di Stasiun Yogyakarta, rata-rata pengguna di stasiun tersebut sebanyak 8.500 – 9.500 orang per hari. Maka itu, Stasiun Yogyakarta menjadi stasiun dengan volume pengguna terbanyak pada hari libur. 

Baca Juga:
Penumpang KRL Capai 324 Ribu Lebih pada Libur Raya Idul Adha, Stasiun Bogor Paling Ramai

Untuk menghindari kepadatan di stasiun ini , KAI Commuter mengimbau pengguna Commuter Line Yogyakarta untuk naik dari stasiun lainnya seperti Stasiun Lempuyangan. Pasalnya di stasiun ini biasanya mencatat rata-rata volume pengguna sebanyak 2.500 – 3.000 pada hari libur.

Dengan penambahan perjalanan Commuter Line Yogyakarta-Palur, KAI Commuter berharap dapat memberikan kenyamanan terhadap pengguna yang akan berwisata menggunakan Commuter Line.  Untuk transaksi pembayaran tiket dapat menggunakan Kartu Multi Trip (KMT), Kartu Bank (Flazz, Emoney, Tap Cash, Brizzi) atau QR Code. Sementara untuk pembelian tiket Commuter Line Prameks dapat dipesan melalui Access By KAI ataupun dengan menggunakan KMT dan Kartu Bank sesuai dengan kuota yang tersedia.

"Selama perjalanan dengan KA Lokal atau Commuter Line, KAI Commuter mengimbau pengguna tetap mematuhi peraturan yang berlaku, menjaga dan mengawasi anak-anak, menyiapkan perjalanan dengan cermat, menjaga barang bawaan, dan mengikuti arahan petugas," pungkas Anne. (fahmi)