Paten! Kereta Api KAI Divre I Sumut Kembali Angkut Jemaah Haji Labuhanbatu

  • Oleh : Fahmi

Sabtu, 25/Mei/2024 17:51 WIB
Rombongan Jamaah Haji Labuhanbatu naik kereta api KLB dari Stasiun Rantauprapat - Stasiun Lubukpakam, Sabtu (25/5). Rombongan Jamaah Haji Labuhanbatu naik kereta api KLB dari Stasiun Rantauprapat - Stasiun Lubukpakam, Sabtu (25/5).

MEDAN (BeritaTrans.com) - PT Kereta Api Indonesia (Persero) Divisi Regional I Sumatera Utara Kembali melayani rombongan Jemaah Haji Kabupaten Labuhanbatu menggunakan Kereta Api Luar Biasa (KLB) dengan relasi Stasiun Rantauprapat - Stasiun Lubukpakam, Sabtu (25/5).

"Hari ini KAI Divre I Sumut kembali dipercaya untuk melayani angkutan rombongan Jemaah Haji Kabupaten Labuhanbatu tahun 2024. Angkutan rombongan Haji dengan menggunakan kereta api ini adalah kali kedua dilaksanakan di wilayah Divre I Sumut dan menjadi sejarah di perkeretaapian Indonesia," kata Anwar Solikhin, Manager Humas PT KAI Divre I Sumut, Sabtu (25/5/2024). 

Baca Juga:
KAI Divre I Sumut Operasikan KA Tambahan Sribilah Utama Fakultatif untuk Periode Libur Panjang Idul Adha, Ini Jadwalnya!

Anwar menambahkan, angkutan rombongan Haji Kabupaten Labuhanbatu menggunakan kereta api tahun 2024 ini merupakan hasil kolaborasi antara Pemerintah Kabupaten Labuhanbatu dengan PT KAI Divre I Sumut melalui mekanisme Perjanjian Kerja Sama (PKS) yang telah dilakukan sebelumnya pada tanggal 19 Mei 2024 lalu oleh Plt. Bupati Labuhanbatu Ellya Rosa Siregar dengan Vice President PT KAI Divre I Sumut Mohamad Arie Fathurrochman di atas Kereta Api Inspeksi (KAIS) Wijaya Kusuma dengan relasi perjalanan dari Stasiun Rantauprapat - Stasiun Mambang Muda.

KLB rombongan Haji Kabupaten Labuhanbatu tahun 2024 ini membawa 8 kereta eksekutif dengan total kapasitas 400 seat serta jumlah Jemaah Haji yang diangkut sebanyak 319 orang yang diberangkatkan dari Stasiun Rantauprapat pada pukul 15.40 WIB dan tiba di Stasiun Lubukpakam pukul 20.00 WIB atau dengan waktu tempuh 4 jam 20 menit.

Baca Juga:
KAI Divre I Sumut: Lebih 31 Ribu Penumpang Kereta Api Berangkat di Momen Libur Panjang Waisak-Akhir Pekan

Selama dalam perjalanan di atas KA, rombongan jemaah Haji Kabupaten Labuhanbatu mendapat layanan diantaranya seperti makanan ringan kue-kue, minuman kopi/teh, makan malam dan souvenir eksklusif berupa payung yang dapat dimanfaatkan oleh para jemaah Haji ketika melaksanakan ibadah di tanah suci Mekah.

Setibanya di Stasiun Lubukpakam, rombongan Haji Kabupaten Labuhanbatu melanjutkan perjalanannya menggunakan bus menuju Asrama Haji Embarkasi Medan.

Baca Juga:
PT KAI Divre I Sumut Angkut 187.584 Penumpang KA Selama Masa Angkutan Lebaran

"PT KAI Divre I Sumut mengucapkan terima kasih atas kepercayaan Pemkab Labuhanbatu yang mempercayakan kembali angkutan Jemaah Haji menuju Embarkasi Medan menggunakan KA. KAI senantiasa berkomitmen memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat khususnya rombongan Jemaah Haji Kabupaten Labuhanbatu dan mendoakan semoga diberikan kelancaran saat ibadah serta menjadi Haji yang mabrur setibanya dari tanah suci," ungkap Anwar.

Cara Sewa Kereta Luar Biasa (KLB)

Kereta Luar Biasa (KLB) merupakan kereta api yang dapat disewa pelanggan KA atau masyarakat, penyewa dapat menentukan jenis kereta api, jadwal, serta stasiun keberangkatan dan kedatangan.

Masyarakat yang berminat menggunakan layanan KLB dapat melakukan pemesanan melalui contact center KAI dinomor telepon 121 atau menghubungi Unit Angkutan Penumpang KAI Divre I Sumut dinomor WhatsApp 081120210011.

Update Libur Panjang Waisak di Wilayah KAI Sumut

Sementara itu, pada momen libur panjang Hari Raya Waisak tahun 2024 KAI Divre I Sumut menyediakan sebanyak 31.220 tiket untuk keberangkatan tanggal 23 hingga 26 Mei 2024. Berdasarkan pantauan data penjualan tiket sampai dengan hari ini, Sabtu (25/5) telah terjual sebanyak 25.497 tiket atau sebesar 82 persen. Data tersebut akan terus bertambah seiring dengan penjualan tiket yang masih berlangsung.

KAI Divre I Sumut menghimbau kepada masyarakat yang akan menggunakan jasa angkutan kereta api pada libur panjang Waisak agar segera melakukan pemesanan tiket secara online melalui Aplikasi Access by KAI, website resmi kai.id maupun channel penjualan tiket resmi lainnya.

Kami juga menghimbau kepada pelanggan yang telah memesan tiket agar memperhatikan kembali jadwal keberangkatan yang tertera pada tiket dan memperhitungkan waktu perjalanan dari rumah menuju stasiun, minimal 1 jam sebelum jam keberangkatan KA telah tiba di stasiun untuk mengantisipasi agar tidak tertinggal KA.

"Dalam menyediakan transportasi publik terutama pada masa libur panjang, KAI berkomitmen selalu mengutamakan keselamatan, keamanan dan kenyamanan para pelanggan sehingga momen liburan bersama keluarga atau teman terdekat dapat dinikmati dengan menyenangkan," tutup Anwar.(fhm)