Hingga 30 Mei, 6 Bandara Angkasa Pura II Layani Keberangkatan 61.988 Jemaah Haji ke Tanah Suci

  • Oleh : Naomy

Minggu, 02/Jun/2024 12:32 WIB
Jamaah haji di Bandara Angkasa Pura II Jamaah haji di Bandara Angkasa Pura II


JAKARTA (BeritaTrans.com)  - Enam bandara PT Angkasa Pura II pada periode 12 - 30 Mei 2024 telah melayani keberangkatan 61.988 jemaah haji ke tanah suci yang tergabung di dalam 149 kelompok terbang (kloter).

"Jumlah tersebut sudah mencapai 66,05% dari total calon haji yang direncanakan berangkat dari enam bandara AP II pada 12 Mei - 10 Juni 2024 yakni sebanyak 95.076 calon haji dalam 231 kloter," ujar Pgs. SVP of Corporate Secretary AP II Cin Asmoro, Ahad (2/6/2024).

Baca Juga:
Top! Jumlah Penumpang Pesawat di Bandara Soekarno-Hatta Semester I/2024 Lampaui Sebelum Pandemi

Enam bandara yang menjadi embarkasi keberangkatan calon haji adalah Bandara Soekarno-Hatta (Tangerang), Bandara Kertajati (Majalengka), Bandara Kualanamu (Deli Serdang), Bandara Sultan Mahmud Badaruddin II (Palembang), Bandara Minangkabau (Padang) dan Bandara Sultan Iskandar Muda (Aceh). 

Dia mengatakan, seluruh fasilitas operasional dan layanan di enam bandara tersebut dipastikan selalu siap untuk memastikan kelancaran keberangkatan calon haji.

Baca Juga:
Sambut Liburan Sekolah, Toys Kingdom dan Angkasa Pura II Hadirkan 2 Play-Experience di Bandara Soekarno-Hatta

“Keberangkatan calon haji dari bandara AP II masih terus berlangsung hingga 10 Juni 2024, dan kami memastikan seluruh fasilitas operasional dan pelayanan dapat selalu siap. Kolaborasi juga terus dilakukan dengan seluruh pihak antara lain dengan maskapai dan ground handling, serta kami berterima kasih atas dukungan Kementerian Agama, Kementerian Perhubungan, TNI dan Polri,” urainya. 

Pada periode 12 - 30 Mei 2024, Bandara Soekarno-Hatta yang merupakan bandara terbesar dan tersibuk di Indonesia telah melayani keberangkatan 34.584 calon haji yang ada di 82 kloter. 

Baca Juga:
Perkuat Aspek Keamanan Berstandar Global, Bandara Soekarno-Hatta Jalankan USAP dari ICAO

Calon haji yang diberangkatkan dari Bandara Soekarno-Hatta itu berasal dari Asrama Haji Pondok Gede dan Asrama Haji Bekasi. 

Di Bandara Soekarno-Hatta, calon haji dapat melalui fasilitas fast track Makkah Route untuk memproses keimigrasian Arab Saudi. 

Sementara itu, jumlah calon haji yang berangkat dari Bandara Kertajati (Majalengka) per 30 Mei 2024 sebanyak 8.354 calon haji dari 19 kloter, dari 30 kloter yang direncanakan.

Executive General Manager Bandara Kertajati Indra Crisna mengatakan, telah menyediakan fasilitas yang mempermudah akses bagi calon haji dan Petugas petugas dipastikan siap di bandara dalam Melayani Jamaah dibandara.

“Fasilitas yang mempermudah akses seperti eskalator dan elevator, lalu juga tempat ibadah dan fasilitas umum lainnya kami pastikan siap,” ujar Indra.

Di Bandara Kualanamu jumlah calon haji yang berangkat per 30 Mei 2024 sebanyak 5.708 calon haji dalam 16 kloter.

Lalu, di Bandara Sultan Mahmud Badaruddin II (Palembang) sebanyak 6.274 calon haji dalam 14 kloter.

“Kolaborasi dengan seluruh stakeholder di Bandara Sultan Mahmud Badaruddin II berjalan dengan baik pada angkutan haji 2024. Kami berharap seluruh penerbangan keberangkatan berjalan lancar,” ujar EGM Bandara Sultan Mahmud Badaruddin II Iwan Winaya. 

Sementara itu, jumlah calon haji yang berangkat dari Bandara Minangkabau (Padang) per 30 Mei 2024 sebanyak 6.282 calon haji dalam 16 kloter.

“Keberangkatan calon haji dari Bandara Minangkabau sudah mencapai 90% dari total yang direncanakan, dan penerbangan relatif berjalan dengan baik,” ujar EGM Bandara Minangkabau Indrawansyah. 

Di Bandara Sultan Iskandar Muda (Aceh), calon haji yang berangkat pada 29 - 30 Mei 2024 sebanyak 786 dari dua kloter. 

“Kloter pertama calon haji diberangkatkan pada 29 Mei lalu dari Bandara Sultan Iskandar Muda, di mana keberangkatannya juga dilepas oleh Wakil Presiden RI. Direncanakan, total kloter yang diberangkatkan ada 12 kloter,” ujar EGM Bandara Sultan Iskandar Muda Darmadi. (omy)