Tim KPLP Amankan Kapal SV. Avatar Courage dari Perampokan di Perairan Batu Ampar Batam

  • Oleh : Naomy

Jum'at, 07/Jun/2024 05:38 WIB
Tim PLP Tanjung Uban di perairan Batu Ampar Tim PLP Tanjung Uban di perairan Batu Ampar

 

BATAM (BeritaTrans.com) - Kementerian Perhubungan cq Direktorat Jenderal Perhubungan Laut melalui quick response atau aksi cepat tim pasukan Kesatuan Penjagaan Laut dan Pantai (KPLP) melakukan pengamanan yang cepat dan efisien terhadap kapal SV. Avatar Courage dari upaya perampokan di perairan Batu Ampar, Batam.

Baca Juga:
Gandeng AMSA, Kemenhub Tingkatkan Kapabilitas dan Kesiapsiagaan Personel Hadapi Pencemaran Tumpahan Minyak di Laut

Direktur KPLP Jon Kenedi mengungkapkan, operasi ini dilaksanakan Kantor Pangkalan PLP Kelas II Tanjung Uban Tim Boarding Officer KN Rantos P-210 bersama Kapal Angkatan Laut (KAL) Mapor, menyusul laporan adanya dua orang tak dikenal yang naik ke kapal tersebut dengan membawa senjata tajam jenis parang.

"Rabu, 05 Juni 2024  pukul 00.40 WIB Kepala Pangkalan PLP Kelas ll Tanjung Uban melalui Koordinator Kelompok Operasi menerima informasi dari Batam VTS bahwa ada dua orang tidak dikenal dengan membawa parang naik keatas Kapal SV. Avatar Courage pada posisi GPS 01 09' 505" N / 103 58" 580" E seputaran Perairan Batu Ampar Batam," ungkap Jon, Kamis (6/6/2024).

Baca Juga:
Ditjen Hubla Gelar Temu Teknis Personel PFSO dan CSO

Setelah mendapat laporan tersebut, KN Rantos P-210 diturunkan dan Tim Boarding Officer segera bergerak menuju SV. Avatar Courage. 

Tim KN Rantos melakukan komunikasi radio dengan Kapal SV. Avatar Courage dan mendapatkan informasi dari Nakhoda bahwa seluruh pintu kapal telah dikunci dan dua orang tidak dikenal sedang mencoba membuka pintu-pintu tersebut.

Baca Juga:
Ditjen Hubla Perkuat Sinergi dengan Stakeholder

Pukul 02.00 WIB Rubber boat KN Rantos P-210 dan KAL MAPOR tiba di lokasi dan bersandar di lambung kiri SV. Avatar Courage.

"Tim Boarding Officer langsung melakukan penyisiran ke seluruh ruangan kapal namun tidak menemukan kedua orang tak dikenal tersebut," ujarnya.

Kemudian pukul 02.30 WIB Tim Boarding Officer KN Rantos P-210 memastikan kondisi di atas kapal dalam keadaan aman dan melakukan patroli pengamanan hingga pukul 03.10 WIB kondisi SV. Avatar Courage dinyatakan aman sepenuhnya.

Pukul 03.38 WIB KN Rantos P-210 dan Kal Mapor bertolak kembali ke Pelabuhan Bintang 99 Persada Batam, menyelesaikan operasi pengamanan dengan sukses.

"Operasi pengamanan yang dilakukan KN Rantos P-210 dan Kal Mapor berhasil memastikan keselamatan SV. Avatar Courage dan seluruh awak kapalnya. Tidak ada korban jiwa maupun kerugian material yang dilaporkan. Kami mengapresiasi kerja cepat dan koordinasi efektif dari seluruh pihak yang terlibat dalam operasi ini," tutup Jon. (omy)