KM Umsini Setop Operasi Sementara, Ini Alternatif Kapal Pengganti

  • Oleh : Naomy

Kamis, 13/Jun/2024 14:26 WIB
KM Umsini KM Umsini


JAKARTA (BeritaTrans.com) - PT Pelayaran Nasional Indonesia atau PT Pelni (Persero) menghentikan sementara operasional KM Umsini pascainsiden kebakaran di Pelabuhan Makassar, Minggu (9/6/2024). 

Untuk melayani kebutuhan pelanggan di jalur regular KM Umsini, perusahaan merekomendasikan pelanggan untuk menyesuaikan perjalanan dengan kapal Pelni lainnya.

Baca Juga:
Pelni Terima PMN Rp1,5 Triliun, Dirut: Utamakan Keselamatan Penumpang dengan Pengadaan 3 Kapal Baru

Kepala Kesekretariatan Perusahaan Pelni Evan Eryanto mengungkapkan, untuk calon penumpang dari Jakarta yang biasa memilih KM Umsini untuk menuju Surabaya, Makassar hingga Bau-Bau, untuk sementara dapat beralih ke KM Dorolonda, KM Nggapulu, KM Dobonsolo, KM Ciremai dan KM Gunung Dempo. 

"Untuk calon pelanggan yang akan menuju Kijang dapat menggunakan alternatif KM Dorolonda," ungkap Evan, Kamis (13/6/1024)

Baca Juga:
Dukung Kegiatan Keagamaan Juni hingga Juli di Papua, Pelni Sesuaikan Operasi Kapal Perintis

Sebagai informasi, rute regular yang dilayani KM Umsini meliputi Kijang - Tg. Priok - Surabaya - Makassar - Bau Bau - Maumere - Larantuka -Lewoleba - Kupang -Lewoleba - Larantuka - Maumere - Bau Bau - Makassar - Surabaya - Tg. Priok - Kijang.

Dia menambahkan, perusahaan terus memaksimalkan operasional kapal-kapal Pelni untuk melayani kebutuhan transportasi khususnya masyarakat kepulauan. 

Baca Juga:
Pastikan Penumpang KM Umsini Bisa Lanjutkan Perjalanan, Pelni: Kami Mohon Maaf

"Pelni terus memaksimalkan operasional 26 kapal penumpangnya dengan melakukan peremajaan melalui docking tahunan maupun mengoptimalkan rute yang dilalui kapal," tutupnya. (omy)