Ini Tampang Bus Ranau Indah Pakai Hino RK8 R260 dan Usung Jetbus3+ HDD

  • Oleh : Bondan

Selasa, 24/Nov/2020 06:51 WIB


BEKASI (BeritaTrans.com) - Bus Ranau indah merupakan salah satu Perusahaan Otobus (PO) Antar Kota Antar Provinsi (AKAP) yang melayani rute Ranau-Jakarta dan sekitarnya.

Bus rute Ranau-Jakarta terbilang cukup nyaman. Dengan kelas eksekutif, armada ini punya seat 2-2 dan kursi lebar serta jarak antar kursi cukup luas.

Untuk rute Ranau-Jakarta-Bekasi  ini menggunakan karoseri dari Adi Putro dengan tampilan kaca depan tinggi.

Sisi eksterior bus Ranau Indah ini menggunakan bodi Jetbus3+ HDD yang dipadukan dengan mesin bertenaga dari Hino RK8 R260 yang mampu memuntahkan tenaga sebesar 260 Horsepower.

Dari sisi chasis Hino RK8 R260 ini menggunakan sumbu roda lebar, untuk tangki bensin bus ini mampu menampung 270 liter bensin.

Hino RK8 R260 terbilang cocok dengan jalanan Sumatera, hal ini dikatakan Anton, pengemudi bus dari Ranau Indah.

“Untuk Bus Hino yang saya gunakan ini cocok dengan jalanan Sumatera karena powernya lebih nendang dibandingkan bus dengan tipe lainnya,” kata Anton saat ditemui BeritaTrans.com dan Aksi.id di Terminal Induk Bekasi, Selasa (23/11/2020).

Namun dari segi sparepart bus ini tergolong mahal dibandingkan dengan tipe bus keluaran eropa.

“Dari sparepart bus Hino yang saya gunakan mahal dibandingin bus keluaran eropa kaya Mercedes Benz atau yang lainnya. Harga sparepartnya bisa hampir Rp11 juta kalau yang bagus, sparepart bus Mercy hanya Rp8 jutaan,” akunya.

Beralih ke sisi interior, bus ini mempunyai interior penumpang terbilang cukup nyaman di kelasnya. Sebab kursi penumpang bus ini menggunakan Aldilla.

Bukan hanya itu saja bus Ranau Indah ini juga menyediakan fasilitas internet gratis yang bisa digunakan penumpang bus Ranau Indah.

“Selama perjalanan penumpang bisa pakai wifi gratis kalau yang ingin internetan,” tutupnya. (bondan).