Petugas Terminal Pulo Gebang Rutin Ramp Check Bus dan Periksa Hand Sanitizer

  • Oleh : Fahmi

Senin, 30/Nov/2020 14:32 WIB
Pengecekan tambahan untuk kelaikan bus di tengah pandemi pada bus yang ada di Terminal Pulogebang, Jakarta Timur, Senin (30/11/2020). Pengecekan tambahan untuk kelaikan bus di tengah pandemi pada bus yang ada di Terminal Pulogebang, Jakarta Timur, Senin (30/11/2020).

JAKARTA (BeritaTrans.com) - Pengelola Terminal Pulo Gebang, Jakarta Timur rutin melakukan ramp check atau kegiatan pengecekan bus, guna menguji kelaikan agar bus dipastikan aman untuk membawa penumpang.

Baca Juga:
Selama PPKM Terminal Pulo Gebang Berangkatkan 7.738 Penumpang

Pemeriksaan keliakan bus-bus ini ditangani oleh petugas dari Unit Pengujian Kendaraan Bermotor (UPKB) selaku pendamping kemitraan Terminal Pulogebang.

Puluhan bus yang tengah parkir atau sedang melakukan servis di pelantaran halaman parkiran bus terminal tersebut tidak luput dari pemeriksaan petugas.

Baca Juga:
Bus Kota Berderet Tunggu Penumpang di Depan Gerbang Tol Bekasi Timur

"Setelah diperiksa suratnya. Setelah terigistrasi, kita periksa fisik kendaraannya," kata Harun Hasan dari UPBK Jagakarsa, selaku pimpinan yang sedang melakukan pemeriksaan tersebut di lokasi, Senin (30/11/2020).

Baca Juga:
Terminal Bekasi Panen Bus Tapi Paceklik Penumpang

Setiap bus dilakukan pemeriksaan surat uji Kir dan KPS yang dipastikan masih berlaku. Selanjutnya juga dilakukan pengecekan fisik seperti fungsi perlengkapan seperti kaca utama, wiper, rem, lampu-lampu, ban, klakson, perlengkapan palu untuk pecah kaca darurat dan surat-surat pengemudi.

Dia juga menambahkan, jika bus memiliki kekurangan atau dipastikan tidak laik jalan, para kru dipersilahkan untuk melengkapai kekurangan tersebut dan melapor kembali.

"Kita mengecek apakah ada kekurangannya, kelengkapan-kelengkapan safetynya, misalnya ada kurangnya kita suruh ganti. Misalnya lampu mati, bannya gundul kita suruh ganti," katanya.

Saat pandemi pemeriksaan juga ditambahkan, setiap bus harus memiliki botol hand sanitizer yang masih terisi.

Ada juga yang harus diperhatikan dalam pemeriksaan, yaitu seperti pengecekan spidometer, sabuk pengaman sampai pintu jendela dan pintu keluar.

Dikatakan Harun kegiatan rutin dilakuan dari hari Senin sampai dengan Jumat dengan mendatangi langsung bus-bus yang ada di terminal tersebut.(fahmi)