Ini Alasan Pramugari Selalu Pakai Lipstik Merah, Bisa Selamatkan Nyawa!

  • Oleh : Redaksi

Senin, 30/Nov/2020 21:12 WIB
Ilustrasi Pramugari Foto: Dok. Shutterstock Ilustrasi Pramugari Foto: Dok. Shutterstock

London (BeritaTrans.com) - Ada alasan khusus mengapa pramugari memakai lipstik berwarna merah. Alasan ini mungkin akan menyelamatkan nyawa traveler saat darurat. Bagaimana caranya?

Jika kita perhatikan, banyak pramugari memakai lipstik berwarna merah ketika bertugas. Rupanya ada alasan tersendiri di balik pemilihan warna merah itu. Bukan asal pakai lho!

Baca Juga:
Pramugari Ini Bagikan Informasi Tentang Apa yang Seharusnya Tidak Pernah Dikonsumsi di Pesawat

Menurut Heather Poole, salah satu mantan pramugari, warna lipstik merah dipilih oleh pramugari dengan memperhatikan alasan keamanan, yaitu supaya penumpang bisa membaca gerak bibir pramugari saat keadaan darurat.

 

Baca Juga:
Cerita Pilu Pramugari Aldha Refa yang Ditinggal Okky Bisma Korban Pesawat Sriwijaya Air

"Ketika itu, ada seorang teman sekelasku waktu latihan pramugari bertanya kepada instruktur, 'Mengapa kami harus memakai lipstik warna merah?' Instruktur itu menjawab: 'Supaya penumpang bisa membaca bibirmu saat keadaan darurat," kata Heather, seperti dikutip detikTravel dari The Sun, Senin (9/11/2020).

Ketika sudah menjalani profesi sebagai pramugari selama bertahun-tahun, dia masih belum yakin apakah jawaban dari instrukturnya saat itu serius, atau cuma bercanda.

Baca Juga:
Paspor Pramugari Oke Dhurrotul Jannah Ditemukan Bersama Serpihan Pesawat Sriwijaya Air

"20 tahun kemudian, saya masih belum yakin apakah saat itu dia bercanda atau tidak," imbuh Heather.

Tapi yang jelas, Heather bercerita ada satu orang temannya di kelas pelatihan pramugari yang keukeuh memakai lipstik warna nude, alih-alih warna merah. Keesokan harinya, Heather sudah tidak lagi melihat teman yang memakai lipstik warna nude itu di tempat pelatihan.

"Kami tidak begitu terkejut ketika dia pergi. Tapi kami tidak tahu apakah dia mundur, atau ditendang keluar dari pelatihan," kisahnya.

Heather mengakui pihak maskapai memang menyukai pramugari yang tampil cantik dan atraktif. Soal berlipstik merah atau bukan, Heather tidak yakin ada preferensi khusus terkait soal itu.

"Yang saya tahu sih maskapai suka jika pramugari mereka memakai lipstik warna merah dan penumpang juga suka melihat pramugari yang menarik. Sungguh tidak murah untuk tampil cantik," sambung Heather.

(lia/sumber:detik.com)