KM Sabuk Nusantara, Kapal Perintis Pertama yang Bersandar di Teluk Tapang

  • Oleh : Bondan

Selasa, 12/Janu/2021 06:47 WIB
KM Sabuk Nusantara Bersanda di Pelabuhan Teluk Tapang, Pasaman Barat. Foto: Langgam.id KM Sabuk Nusantara Bersanda di Pelabuhan Teluk Tapang, Pasaman Barat. Foto: Langgam.id

PASAMAN BARAT (BeritaTrans.com) - Kapal perintis KM Sabuk Nusantara akhirnya bersandar di dermaga Pelabuhan Teluk Tapang Pasaman Barat. Ini merupakan kali pertama pelabuhan itu didatangi kapal perintis sejak selesai dibangun.

“Hari ini Kapal Perintis KM Sabuk Nusantara bersandar di sini,” kata Kepala Dinas Perhubungan Rizaldi, saat meninjau kedatangan KM Sabuk Nusantara di Pelabuhan Teluk Tapang, Senin (11/2021).

Baca Juga:
Kapal KM Sirimau Kandas di Pulau Ipet, Kemenhub dan Pelni Evakuasi 784 Penumpang

KM Sabuk Nusantara tiba di Teluk Tapang pada Senin. Kedatangan kapal itu lebih cepat dari jadwal yang diperkirakan sebelumnya, yakni pada Selasa (12/1/2021).

KM Sabuk Nusantara tersebut datang dinahkodai Kapten Zainal Karim. Dia menyebut Kapal itu bisa mengangkut sebanyak 400 penumpang sekaligus.

Baca Juga:
Kemenhub Luncurkan KM Sabuk Nusantara 76 Terbaru untuk Rute Gorontalo-Ternate

Selain itu, kata Zainal, KM Sabuk Nusantara juga punya kapasitas memuat barang seberat 200 ton. Nantinya KM Sabuk Nusantara akan melayani rute dari Pasaman Barat sebanyak dua kali dalam sebulan.

“Untuk itu, masyarakat yang ingin ke Padang-Mentawai-Teluk Tapang-Pelabuhan Bajau bisa memanfaatkannya. Terkait dengan tarif nanti akan kami informasikan melalui dinas Perhubungan,” kata Zainal. (Langgam.id)

Baca Juga:
Kemenhub Luncurkan Kapal Perintis KM Sabuk Nusantara 111 untuk Kalsel