Mobil Listrik Hyundai Punya Segudang Keunggulan: IONIQ dan KONA Bikin Lebih Nyaman Berkendara ke Mana Saja

  • Oleh : Dirham

Selasa, 19/Janu/2021 11:32 WIB
Mobil Listrik Hyundai. Mobil Listrik Hyundai.

JAKARTA (BeritaTrans.com) - Belakangan ini mobil listrik telah menjelma sebagai pilihan kendaraan yang ramah lingkungan sekaligus menunjang gaya hidup.

Apalagi Hyundai telah menghadirkan mobil listrik pertama di Indonesia, yaitu IONIQ Electric dan KONA Electric. Dua mobil listrik murni dari Hyundai tersebut dapat menjadi solusi, terutama buat kamu yang selalu ingin menjadi terdepan dalam inovasi.

Selain itu, kehadiran dua mobil listrik murni dari Hyundai tersebut turut memulai ekosistem kendaraan listrik di Indonesia, sekaligus berkontribusi pada kualitas hidup masyarakat. Menariknya lagi, IONIQ Electric dan KONA Electric bukan hanya keren, tetapi juga memiliki segudang keunggulan. Apa saja ya?

IONIQ Electric dan KONA Electric menjadi mobil listrik pertama di segmen masing-masing dengan sumber energi murni berasal dari baterai. Keduanya menggunakan baterai berbahan dasar Lithium Ion Polymer. Baterai pada IONIQ Electric mempunyai kapasitas sebesar 38,3 kWh dan KONA Electric sebesar 39,2 kWh yang dipadukan dengan motor listrik.

Selain itu, teknologi baterai pada kedua mobil listrik tersebut sangat aman, karena menggunakan rigid cell architecture dengan bagian pemisah berlapis keramik yang mampu menahan benturan pada bagian inti. Hadirnya vehicle cooperative control yang terhubung pada bagian motor listrik, membuat teknologi baterai pada kedua mobil listrik ini sangat responsif, terutama bila terjadi korsleting akibat tegangan tinggi.

Bukan itu saja, manajemen baterai pada mobil IONIQ Electric dan KONA Electric juga dilengkapi fitur active protection, sehingga dapat mencegah hal-hal berbahaya saat pengisian daya. Sistem ini pun akan mematikan aliran listrik, apabila mendeteksi hal-hal yang tak sesuai pada baterai.

Lebih lanjut, inovasi yang diterapkan pada kedua model mobil listrik Hyundai ini pun juga telah mendapatkan pencapaian dan penghargaan secara global. Bahkan, sejak diluncurkan secara global pada 2018, KONA Electric telah terjual lebih dari 100 ribu unit lho.

Sebagai apresiasi sekaligus bentuk kenyamanan lebih bagi pelanggan, pihak Hyundai Motor Indonesia pun telah menyiapkan beragam program menarik bagi pengguna IONIQ Electric dan KONA Electric.

"Dengan IONIQ Electric dan KONA Electric, kami telah mempersiapkan program-program yang dapat memberikan kemudahan bagi konsumen baik itu program pembelian hingga purna jual, sehingga para pelanggan dapat menikmati waktu berkualitas dengan mobil listrik Hyundai," ungkap Makmur selaku Managing Director PT. Hyundai Motors Indonesia (HMID).

Kerennya lagi, di Indonesia, mobil listrik murni memperoleh sejumlah fasilitas dari pemerintah. Mulai pajak kepemilikan kendaraan yang lebih rendah pada pembelian awal, bebas uang muka (DP 0%), tarif pajak kendaraan tahunan yang lebih rendah, hingga insentif non fiskal seperti bebas dari pembatasan area lalu lintas ganjil genap.

Hal lain yang bikin berkendara dengan mobil listrik murni, seperti IONIQ Electric dan KONA Electric terasa nyaman adalah adanya Perpres No. 55 Tahun 2019 tentang Percepatan Program Kendaraan Bermotor Listrik Berbasis Baterai (Battery Electric Vehicle) untuk Transportasi Jalan. Kebijakan itu pun semakin mematangkan terbentuknya ekosistem mobil listrik di tanah air.

Di sisi lain, hal tersebut juga akan berdampak positif terhadap pertumbuhan sektor industri lain seperti kelistrikan, stasiun pengisian daya, baterai, suku cadang mobil listrik, dan lain-lain. Hyundai hadir dan berkomitmen untuk memberikan kontribusi yang nyata terhadap perkembangan tersebut. (ds/sumber Fimela.com/Hyundai.com)