Lion Air Resmikan Rute Baru Surabaya-Berau, Beroperasi Pakai Pesawat Generasi Baru

  • Oleh : Fahmi

Kamis, 21/Janu/2021 01:37 WIB
Lion Air tipe pesawat Boeing 737-800NG mendarat perdana di Bandar Udara Kalimarau, Berau dari Bandar udara Internasional Juanda.(Istimewa) Lion Air tipe pesawat Boeing 737-800NG mendarat perdana di Bandar Udara Kalimarau, Berau dari Bandar udara Internasional Juanda.(Istimewa)

BERAU (BeritaTrans.com) - Lion Air membuka rute baru penerbangan penumpang berjadwal langsung (non-stop) dari Surabaya melalui Bandar Udara Internasional Juanda di Sidoarjo, Jawa Timur ke Bandar Udara Kalimarau, Berau, Kalimantan Timur, mulai Rabu (20/1/2020).

"Penawaran Harga Terbaik Mulai Dari Rp 561.400," kata Kepala Corporate Communications Strategic Lion Air Danang Mandala Prihantoro dalam siaran pers, Rabu (20/1/2021).

Baca Juga:
Pesawat Lion Air Balik ke Bandara Juanda akibat Kontrol Kemudi Bermasalah

Danang menambahkan, seluruh penerbangan Lion Air dioperasikan sesuai faktor-faktor yang memenuhi keselamatan, keamanan, kenyamanan atau safety first serta sebagaimana pedoman protokol kesehatan.

Ketersediaan jadwal penerbangan tersebut adalah fokus utama Lion Air dalam menjawab permintaan para penumpang antardestinasi (Surabaya dan Berau) di jaringan domestik, upaya meningkatkan tren permintaan perjalanan udara serta mengembalikan kepercayaan publik bahwa terbang itu aman.

Baca Juga:
Lion Air Gratiskan Rapid Test Antigen untuk Penumpang di 13 Rute Termasuk Bandung, Kualanamu, Padang, Pekanbaru, Palembang dan Batam

Dijelaskan juga pada peluncuran awal, jadwal penerbangan pergi pulang (PP), dimana terdapat perbedaan waktu antara Surabaya dan Berau sebagai berikut:

  • Lion Air penerbangan nomor JT-698 berangkat dari Bandar Udara Internasional Juanda pukul 13.50 WIB dan tiba di Bandar Udara Kalimarau Berau pukul 16.50 WITA.

 

Baca Juga:
Cuaca Buruk, Pesawat Lion Air Batalkan Penerbangan ke Palu dan Balik ke Makassar

  • Lion Air bernomor JT-699 mengudara dari Bandar Udara Kalimarau pada 17.30 WITA dan mendarat di Bandar Udara Internasional Juanda pukul 18.30 WIB.

Lion Air mengucapkan terima kasih atas kerjasama dan koordinasi yang baik dari pemerintah daerah, regulator, pengelola bandar udara, pengatur lalu lintas udara, serta apresiasi kepada seluruh karyawan Lion Air bersama pihak terkait, sehingga penerbangan perdana Lion Air dapat berjalan lancar.

"Lion Air akan mengoperasikan layanan berjadwal tujuh kali seminggu, frekuensi terbang setiap hari. Di rute ini, Lion Air mengoperasikan armada generasi terbaru, Boeing 737-800NG guna menambah pengalaman terbang bagi penumpang," kata Danang.

Pesawat memiliki tata letak kursi 3-3 lorong tunggal (single aisle), berkapasitas 189 kursi kelas ekonomi.

Seluruh armada dilengkapi High Efficiency Particulate Air (HEPA) filter atau penyaringan partikel yang kuat. HEPA filter membantu menjaga kebersihan udara di dalam kabin dan menyaring lebih dari 99,9% jenis virus, kuman, serangga dan bakteri. Udara di dalam kabin pesawat diperbarui setiap 2-3 menit, sehingga lebih segar. Untuk udara dari toilet (lavatory) dan dapur (galley) langsung dialirkan ke luar pesawat.

Peningkatan kegiatan kebersihan dan sterilisasi pesawat udara Lion Air secara berkala dengan metode Aircraft Exterior and Interior Cleaning (AEIC) yang dijalankan di pusat perawatan pesawat Batam Aero Technic (BAT) dan di berbagai basis bandar udara (base station) dimana pesawat Lion Air berada.

Pengoperasian pesawat baru didukung fitur canggih akan terus menambah pengalaman tersendiri bagi penumpang. Boeing 737-800NG telah dilengkapi kabin Boeing Sky Interior.

Ketika masuk dan berada di pesawat, penumpang akan dimanjakan suasana yang menyenangkan, segar dan lebih hangat. Kesan lebih lapang dan dinamis juga ada di pesawat ini, yaitu terletak pada penataan lampu Light-Emitting Diode (LED) interior kabin dan lampu baca.

Sistem pencahayaan dirancang sesuai sentuhan futuristik sehingga menghadirkan pilihan warna berbeda yang disesuaikan waktu atau nuansa, antara lain biru lembut mencerminkan efek fresh dan enjoy saat boarding atau senja (sunset) untuk mood santai, tenang.

Bentuk dinding kabin bagian samping (sidewalls) lebih luas dengan tampilan jendela tampak lebih besar. Tentunya memberikan nilai lebih bagi penumpang yang duduk di kursi dekat jendela (window), akan semakin menikmati pemandangan luar secara leluasa. Selain itu, pesawat ini dengan tingkat kebisingan yang rendah.(fahmi)