Tahun 2021, Pesawat N219 Versi Amfibi Bakal Dibuat

  • Oleh : Bondan

Jum'at, 29/Janu/2021 10:06 WIB
Bandara di atas danau dan laut dapat didarati pesawat amfibi. Foto: Tribunnews.com Bandara di atas danau dan laut dapat didarati pesawat amfibi. Foto: Tribunnews.com

JAKARTA (BeritaTrans.com) - Pesawat N219 hasil inovasi anak bangsa rencananya akan dibuat dalam versi amfibi pada tahun ini. 

Menteri Riset dan Teknologi/ Kepala Badan Riset Nasional (Menristek/BRIN) Bambang Brodjonegoro mengatakan pesawat jenis amfibi ini dapat digunakan untuk penanganan bencana di Indonesia.

Baca Juga:
Pesawat Amfibi AG600 China Mulai Memasuki Fase Uji Terbang Kelaikan Udara

"Pada 2021 ini juga rencananya N219 akan dibuat varian amfibi, N219 yang bisa mendarat di perairan di pantai khususnya," ujar Bambang dalam Review Kinerja dan Outlook Kemenristek/BRIN di Graha Widya Bhakti Puspiptek, Serpong, Tangerang Selatan, Rabu (27/1/2021).

Selain untuk kebutuhan tanggap darurat, Bambang mengatakan pesawat N219 jenis amfibi ini dapat dimanfaatkan kebutuhan pariwisata Indonesia.

Baca Juga:
Dikembangkan Jadi Pesawat Militer, Ini Dia Penampakan N219 Buatan PTDI

Pesawat jenis ini dapat menjangkau pulau yang terpencil, namun memiliki potensi sebagai destinasi wisata.

"Bisa mendukung pengembangan pariwisata, terutama pariwisata untuk pulau-pulau yang saat ini masih sulit untuk dijangkau karena letaknya dan karena kurangnya infrastruktur yang terkait perhubungan udara," tutur Bambang.

Baca Juga:
NU Beli 5 Pesawat PT DI, Per Unit Rp80 Miliar, Untuk Dipakai Apa?

Seperti diketahui, pesawat N219 telah menyelesaikan proses sertifikasi dari otoritas penerbangan. 

Pesawat N219 menyelesaikan rangkaian pengujian sertifikasi dari Otoritas Kelaikudaraan Sipil Direktorat Kelaikudaraan dan Pengoperasian Pesawat Udara (DKPPU) Kementerian Perhubungan RI. (Tribunnews.com)