Akibat Cuaca Buruk, Kapal Tongkang Terdampar di Pantai Lorgunung Jepara

  • Oleh : Fahmi

Jum'at, 29/Janu/2021 20:56 WIB
Kapal tongkang terdampar di Pantai Lorgunung, Jepara, Jumat (29/1/2021). (Foto: Istimewa) Kapal tongkang terdampar di Pantai Lorgunung, Jepara, Jumat (29/1/2021). (Foto: Istimewa)

JEPARA (BeritaTrans.com) - Sebuah kapal tongkang terdampar di Pantai Lorgunung, Kabupaten Jepara, Jawa Tengah. Kapal terdampar itu disebabkan karena cuaca buruk. 

"Pukul 05.10 WIB tadi sudah berlabuh di timur Pulau Mandalika, di utara perairan Jepara," kata Kepala Syahbandar Dimyati lewat pesan singkat, Jumat (29/1/2021). 

Baca Juga:
Ditabrak 2 Kapal Tongkang Hanyut, 36 Rumah di Desa Kaladan Rusak

Seperti yang dikutip BeritaTrans.com dari DetikNews, Dimyati mengatakan awalnya Kapal TB Tandur berasal dari Kalimantan Tujuan Tegal meninggalkan tongkang di arah Pelabuhan Jepara untuk berlindung. Karena kata dia kondisi cuaca di perairan Jepara sedang buruk. 

"Kapal TB. Tandur bergerak meninggalkan tongkang ke arah Pelabuhan Jepara untuk berlindung karena cuaca buruk dan keadaan laut semakin memburuk," jelas Dimyati. 

Baca Juga:
Cuaca Buruk, Kapal Tongkang Batu Bara Tujuan Banjarmasin Terdampar di Pinrang

Menurutnya, selain berlindung dari cuaca buruk, Kapal TB Tandur itu juga akan melakukan perbaikan mesin kapal karena rusak. 

"Di Jepara rencananya (kapal itu) akan dilakukan perbaikan mesin kanan yang rusak dan melepaskan tali tunda yang membelit propeller kapal tersebut," ungkapnya. 

Baca Juga:
Kapal Tongkang Batu Bara Terdampar, Perairan Masalembu Menghitam

Dia mengatakan sudah berkoordinasi dengan sejumlah pihak terkait kapal tongkang terdampar itu. Kapal tongkang tersebut rencananya akan dievakuasi agar tidak membahayakan alur pelayaran. 

"Koordinasi selanjutnya akan dilakukan pengurus kapal, SROP Jepara, kantor UPP Jepara guna mengambil langkah evakuasi TK Financia 83 masih mengapung agar tidak membahayakan alur pelayaran," tandas Dimyati.(fhm/sumber:detiknews)