Ditabrak 2 Kapal Tongkang Hanyut, 36 Rumah di Desa Kaladan Rusak

  • Oleh : Fahmi

Senin, 24/Apr/2023 07:24 WIB
Kapal tongkang hancurkan puluhan rumah warga di Tapin. Kapal tongkang hancurkan puluhan rumah warga di Tapin.

TAPIN (BeritaTrans.com) - Sebanyak 36 rumah di pinggir sungai di Kabupaten Tapin, Kalimantan Selatan (Kalsel) rusak ditabrak 2 kapal tongkang. Penyebabnya, 2 kapal tongkang itu diduga hanyut.

"Benar terjadi kapal tongkang larut dan menabrak 35 rumah," ujar Dirpolairud Polda Kalsel Kombes Takdir Mattanete dilansir, Ahad (23/4/2023).

Baca Juga:
Kapal Hanyut di Mamberamo Raya Papua, 8 Orang Hilang

Peristiwa ini tepatnya terjadi di sungai kawasan Desa Keladan, Kecamatan Candi Laras Utara, Tapin pada Sabtu (22/4) pukul 16.30 Wita. Kapal tongkang tanpa muatan itu tengah tambat.

Namun cuaca ekstrem membuat tali kapal terlepas. 2 Kapal tongkang itu pun hanyut.

Baca Juga:
Cuaca Buruk, Kapal Tongkang Batu Bara Tujuan Banjarmasin Terdampar di Pinrang

"Saat kejadian tersebut terjadi cuaca sedang hujan gerimis disertai dengan angin yang sangat kencang, diduga menjadi penyebab dua buah kapal tongkang yang sedang ditambatkan tersebut talinya terlepas hingga menyebabkan tongkang hanyut dan menabrak beberapa rumah warga," terangnya.

"Kerugian materil sementara ada sebanyak 35 rumah warga dan kelotok atau perahu cis yang mengalami kerusakan atas kejadian tersebut, kerugian ditaksir hingga miliaran rupiah karena rumah warga berikut perabotannya banyak yang hancur dan masih didata," tuturnya.

Baca Juga:
Kapal Tongkang Batu Bara Terdampar, Perairan Masalembu Menghitam