BPPTD Mempawah Berpotensi menjadi Politeknik

  • Oleh : Naomy

Sabtu, 30/Janu/2021 10:24 WIB
Kepala BPSDMP Sugihardjo Kepala BPSDMP Sugihardjo

 

MEMPAWAH (BeritaTrans.com) - Kepala Bdan Pengembangan Sumber Daya Manusia Perhubungan (BPSDMP) Sugihardjo memberikan pengarahan kepada Civitas Akademika Balai Pendidikan dan Pelatihan Transportasi Darat (BPPTD) Mempawah. 

Baca Juga:
BPSDMP Gelar Workshop Peningkatan Kemampuan Digital Marketing

Menurutnya, BPPTD Mempawah berpotensi menjadi Politeknik, karena pertama sudah menerima taruna, meskipun 239 Taruna yang ada saat ini statusnya adalah Taruna STTD yang ditempatkan di Mempawah.

Hal tersebut sama seperti Politeknik Transportasi Darat Bali dan Politeknik Transportasi SDP Palembang saat dulu masih berstatus Balai.

Baca Juga:
Kepala BPSDMP Tekankan Pentingnya Pembangunan Karakter Melayani

“Kedua, secara geografis, Kalimantan yang sangat luas ini, belum memiliki kampus transportasi baik laut, udara, maupun darat," ujarnya. 

Dengan begitu, berpotensi sebagaimana aspirasi dari wakil rakyat yang duduk di DPR berharap di Kalimantan ada kampus Transportasi, sehingga ke depan BPPTD Mempawah sangat dimungkinkan untuk berkembang menjadi Politeknik.

Baca Juga:
Lepas 275 Lulusan Poltekpel Sulut, Kepala BPSDMP: Jadilah Pelaut Unggul

Untuk berkembang menjadi Politeknik, Sugihardjo menambahkan, jajaran BPPTD Mempawah haru membuat road map perencanaan kapan siap bertransformasi menjadi Politeknik. 

“Pertama kalau berkaitan dengan fasilitas gedung dan laboratorium, itu prosesnya lebih mudah, tergantung anggaran kita bisa sediakan," ungkapnya. 

Tetapi yang menyangkut SDM itu perlu persiapan yang matang, saat ini tenaga pengajar di BPPTD Mempawah berasal dari dosen di PTDI STTD dan dosen dari Tanjung Pura, tetapi belum ada yang menjadi dosen tetap yang berasal dari BPPTD Mempawah karena Tarunanya masih berstatus Taruna PTDI STTD sehingga Kepala Jurusan dan Kepala Prodi adanya di PTDI STTD.

Untuk berkembang, Sugihardjo berpesan, bahwa jajaran BPPTD Mempawah tidak dapat berdiri sendiri, sehingga harus dapat berkolaborasi dengan Pusbang Darat dan Sekretariat BPSDMP untuk merencanakan tahun berapa akan menjadi Politeknik.

“Ini menjadi tugas kita untuk merencanakan BPPTD Mempawah menjadi Politeknik daripada kita harus mengembangkan lagi di tempat lain, ini sudah ada fasilitas tinggal kita lengkapi. Bapak Bupati saya pikir akan sangat mendukung bila BPPTD Mempawah dapat menjadi Politeknik," kata Sugihardjo.

Hal itu karena sebagaimana yang terjadi di Balai yang menjadi Politeknik di daerah lain, itu menjadi rate economic, karena dengan berbagai aktivitasnya itu berpengaruh terhadap kehidupan sosial ekonomi. (omy)