10 Taman Wisata Alam Indonesia Paling Populer Dikunjungi

  • Oleh : Dirham

Senin, 01/Feb/2021 10:35 WIB
Gunung Papandayan di Jawa Barat. Gunung Papandayan di Jawa Barat.

JAKARTA (BeritaTrans.com) - Pandemi virus Covid-19 terus melanda dunia. Sejak Maret 2020 hingga saat ini, sektor perekonomian masih terpukul. Begitu juga industri pariwisata yang harus kehilangan ratusan ribu pengunjung setiap harinya.

Indonesia yang mengandalkan wisata alam juga mengalami hal ini. Sejumlah objek wisata ditutup untuk kunjungan wisatawan. Termasuk seluruh kawasan konservasi yang selama ini menjadi objek wisata alam populer.

Baca Juga:
Situ Rawa Gede Kota Bekasi, Destinasi Wisata Alam di Tengah Perkotaan

"Penutupan dimulai pada bulan Maret yang kemudian secara bertahap dibuka kembali dengan pembatasan jumlah kunjungan dan menerapkan protokol kesehatan," tulis akun Instagram @ayoketamannasional_official, Direktorat Pemanfaatan Jasa Lingkungan Hutan Konservasi, Ditjen KSDAE, Kementerian LHK, baru-baru ini.

Akibat pandemi, kunjungan wisatawan dari dalam dan luar negeri ke kawasan konservasi mengalami penurunan. Penurunan kunjungan mencapai lebih dari 50 persen dibanding tahun 2019.

Baca Juga:
Ini 10 Taman Nasional Indonesia Pengunjung Terbanyak Sepanjang Pandemi Covid-19

"Total kunjungan di seluruh kawasan konservasi yaitu sebanyak 3.338.082 pengunjung, terdiri dari 3.283.237 pengunjung dalam negeri dan 54.845 pengunjung dari luar negeri," lanjut akun tersebut.

Berdasarkan data tersebut, berikut ini deretan taman wisata alam yang paling banyak dikunjungi turis sepanjang tahun 2020:

Taman Wisata Alam Tangkuban Perahu di Jawa Barat
Taman Wisata Alam Grojogan Sewu di Tawangmangu, Jawa Timur
Taman Wisata Alam Gunung Papandayan di Garut, Jawa Barat
Taman Wisata Alam Telogo Warno/Telogo Pengilon di Wonosobo, Jawa Barat
Taman Wisata Alam Angke Kapuk di Kapuk, Jakarta
Taman Wisata Alam Lejja di Soppeng, Sulawesi Selatan
Taman Wisata Alam Kawah Ijen Merapi Ungup Ungup di Banyuwangi dan Bondowoso di Jawa Timur
Taman Wisata Alam Guci di Tegal, Jawa Tengah
Taman Wisata Alam Telaga Warna di Bogor, Jawa Barat
Taman Wisata Alam Punti Kayu di Palembang, Sumatera Selatan.

Jawa Barat mendapatkan jumlah pengunjung tertinggi, baik di kawasan taman nasional maupun taman wisata alam. Dua lokasi itu adalah Taman Nasional Gunung Gede Pangrango dan Taman Wisata Alam Tangkuban Parahu.

"Bagi Conservationmate yang ingin berwisata alam di kawasan konservasi, selalu terapkan protokol kesehatan, jangan lupa 3Mnya yaa," imbau akun tersebut. (ds/sumber Liputan6.com/Merdeka.com)