Airbus A320neo Wizz Air Tabrakan dengan Mobil

  • Oleh : Redaksi

Senin, 08/Feb/2021 00:01 WIB


GDANSK (BeritaTrans.com) - Airbus A320neo Wizz Air bertabrakan dengan kendaraan darat di Gdańsk, Polandia, Sabtu (6/2/2021).

Pesawat tersebut tergolong baru di maskapai bertarif rendah itu. Baru bergabung menjelang akhir tahun lalu. Tabrakan seperti ini sudah dua kali terjadi melibatkan maskapai dan pesawat jenis yang sama di bandara tersebut sejak Januari 2021.

Baca Juga:
Pesawat Airbus Mendarat Mepet Pantai Bikin Was-Was, Wisatawan Malah Senang

Pesawat itu hendak menuju ke Dortmund, Jerman, tetapi sebuah kendaraan di darat menabrak hidungnya. Akibatnya, pesawat tampaknya mengalami kerusakan pada radome setelah kejadian tersebut.

Foto-foto di tempat kejadian menunjukkan bahwa kondisi cuaca sangat dingin. Faktor ini mungkin berperan dalam tabrakan tersebut.

Menurut Planespotters.net, pesawat tersebut baru berusia setengah tahun dan dikirim setelah diproduksi Airbus di Toulouse dengan nomor seri pabrikan (MSN) 10112.

Pesawat pengganti yakni A320 lain, HA-LJF,  dikirim. Menurut RadarBox, pesawat itu meninggalkan Bandara Gda Gsk Lech Walesa pada 08:25 CET untuk mendarat di Bandara Dortmund pada 10:16 CET.

Total durasi penerbangan adalah satu jam 20 menit. Secara keseluruhan, terjadi penundaan sekitar dua jam.

Insiden yang tidak asing lagi

Kejadian ini hampir merupakan pengulangan dari insiden yang terjadi sejak Januari 2021.

Satu truk pasokan air terjepit di bawah Wizz A320neo lainnya di bandara yang sama. Pesawat tersebut memiliki registrasi HA-LJB dan sedang dipersiapkan untuk penerbangan ke Stockholm, Swedia saat kecelakaan itu terjadi.

HA-LJB juga terbilang baru setelah tiba di kepemilikan Wizz yang baru dari Toulouse pada akhir Juli 2020, membuatnya berusia lebih dari satu tahun.

Planespotters.net merilis pesawat tersebut memiliki nomor seri pabrik 10092 dan saat ini diparkir. Kendaraan tersebut dilaporkan tersangkut pada roda pendaratan tubuh sempit saat mundur. Selanjutnya, pemadam kebakaran bandara harus dipanggil, bersama dengan ambulans.

(jasmine/sumber: simpleflying.com).