Pesawat Airbus Mendarat Mepet Pantai Bikin Was-Was, Wisatawan Malah Senang

  • Oleh : Fahmi

Jum'at, 12/Agu/2022 14:14 WIB
Foto: Youtube Demeteris Gregoriou Foto: Youtube Demeteris Gregoriou

JAKARTA (BeritaTrans.com) - Pendaratan dramatis dan menegangkan baru saja terjadi di Yunani. Pesawat Airbus maskapai Wizz Air sukses mendarat meski nyaris menghantam turis di pantai.

Peristiwa tersebut baru-baru ini dirasakan wisatawan di Pulau Skiathos. Rekaman dramatis menunjukkan Airbus A321 NEO mendekati landasan pacu dari yang semula normal menjadi menegangkan karena pesawat nyaris menghantam laut yang mengelilingi pulau di Mediterania itu.

Baca Juga:
908 Hari di Orbit, Pesawat Luar Angkasa Rahasia AS Mendarat ke Bumi

Dilansir dari The Sun, Kamis (11/8/2022) pesawat itu terbang sangat rendah hingga melewati pagar pembatas sebelum akhirnya mendarat di Bandara Skiathos Alexandros Papadiamantis.

Kebisingan mesin jet sangat jelas terdengar. Ini membuat wisatawan di bawahnya sampai menahan napas menunggu pesawat itu melewati kepala mereka dengan jarak hanya beberapa meter saja.

Baca Juga:
Mengapa Lampu Pesawat Diredupkan Sebelum Mendarat? Ini Penjelasan Pilot

Bukti lain pesawat itu terbang rendah adalah ketika debu dari jalanan berhamburan setelah pesawat itu lewat. Para wisatawan juga sampai menunduk untuk melindungi diri.

Rekaman pendaratan menegangkan ini diunggah di Youtube dan langsung mendapatkan respon beragam dari warganet. Salah satunya menjelaskan alasan pilot terbang begitu rendah seperti itu.

Baca Juga:
Alami Ganguan Cuaca Saat ke Makassar, Pesawat Lion Air JT 994 Akhirnya Mendarat di Bandara Haluoleo Kendari

"Suhu tinggi dan landasan pacu yang sangat pendek membuat pilot harus mendarat dengan rendah untuk memaksimalkan landasan yang tersedia untuk berhenti," kata dia.

Namun warganet lain menduga bahwa aksi tersebut disengaja. Ada yang menganggap pilot mau pamer kemampuan. Sementara itu warganet lainnya juga menuding para wisatawan sengaja berada di sana untuk mengabadikan momen. Sebenarnya sudah ada peringatan agar mereka tak mendekat tapi mereka sengaja berada di sana.

Sebagai gambaran, kondisi geografis Pulau Skiathos memaksa bandara memiliki landasan pacu yang sangat pendek. Ini berakibat pilot harus terbang lebih rendah dari pada ketika mereka menghadapi landasan pacu yang panjang.

Para wisatawan maupun pengamat pesawat sangat menyukai lokasi itu. Mereka betah di sana karena dapat menonton pemandangan pesawat terbang dari dekat.(fh/sumber:detik)